Selasa 04 Oktober 2022, 23:07 WIB

Tragedi Kanjuruhan, Pele: Kedamaian Dan Cinta Untuk Seluruh Rakyat Indonesia

Widhoroso | Sepak Bola
Tragedi Kanjuruhan, Pele: Kedamaian Dan Cinta Untuk Seluruh Rakyat Indonesia

AFP
Pele

 

INSAN sepak bola dunia sedang menyoroti Tragedi Stadion Kanjuruhan yang menelan ratusan korban jiwa dan ratusan lainnya luka. Tak terkecuali legenda sepak bola dunia asal Brasil Pele ikut mengecam insiden yang terjadi Sabtu (1/10).

"Akhir pekan ini, kita menyaksikan salah satu bencana terbesar dalam sejarah sepak bola. Setidaknya ada 32 anak-anak, di antara 125 orang tewas," tulis Pele dalam akun Instagram resminya.

"Saya berharap banyak kedamaian dan cinta untuk seluruh rakyat Indonesia. Kekerasan tidak cocok dengan olahraga. Saya berharap banyak kedamaian dan cinta untuk seluruh rakyat Indonesia. Kekerasan tidak cocok dengan olahraga," tulis Pele.

Tragedi Stadion Kanjuruhan bermula dari suporter Arema FC yang kecewa tim kesayangan mereka dikalahkan Persebaya Surabaya 2-3 masuk lapangan selepas peluit akhir pertandingan dibunyikan wasit. Polisi kemudian mengambil tindakan untuk memukul suporter yang masuk lapangan.

Sayang, tembakan gas air mata tersebut tidak cuma dilepaskan di lapangan. Polisi menembakkan juga ke arah tribune penonton yang membuat kepanikan terjadi. Akibatnya, 125 orang dinyatakan meninggal dunia karena sesak napas dan terinjak-injak.

Pemerintah sudah membentuk Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) untuk mengivestigasi tragedi Kanjuruhan. Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD dipercaya sebagai ketua. PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) sudah mengumumkan penghentikan Liga 1 dan Liga 2 untuk sementara waktu. TGIPF sedang bergerak untuk mencari titik terang insiden tersebut. (Goal/OL-15)

Baca Juga

ISSOUF SANOGO / AFP

Terdampar di Dasar Klasemen, Kamerun Tetap Pede Bakal Taklukkan Selecao

👤Akmal Fauzi 🕔Kamis 01 Desember 2022, 16:19 WIB
Mengalahkan Brasil ibarat harus mendaki gunung yang tinggi, namun Song menegaskan timnya ingin lolos ke fase gugur untuk pertama kalinya...
Giuseppe CACACE / AFP

Jika Bertukar tempat dengan Messi, Lewandowski Bakal Cetak 5 Gol

👤Dhika kusuma winata 🕔Kamis 01 Desember 2022, 14:37 WIB
Polandia benar-benar terdominasi oleh permainan Argentina sepanjang laga dan Lewandowski tak mampu membuat...
JOSEPH EID / AFP

Duel Serbia dan Swiss Diliputi Dendam Piala Dunia Rusia

👤 Akmal Fauzi 🕔Kamis 01 Desember 2022, 14:18 WIB
Swiss yang memiliki tiga poin di urutan kedua klasemen memiliki peluang lebih baik untuk menemani Brasil ke babak 16 besar Piala Dunia...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya