Kamis 22 September 2022, 22:35 WIB

Tak Lagi Melatih, Indra Sjafri Kini Jabat Dirtek PSSI

Mesakh Ananta Dachi | Sepak Bola
Tak Lagi Melatih, Indra Sjafri Kini Jabat Dirtek PSSI

PSSI
Indra Sjafri

 

SALAH satu pelatih timnas legendaris asal Sumatra Barat, Indra Sjafri, yang sempat mengantarkan Indonesia menjadi juara Piala AFF U19 di 2013 kini sudah tak lagi melatih. Indra diberi tanggung jawab baru yakni sebagai Direktur Teknik PSSI sejak 2020.

Dalam acara “Nunggu Sunset” yang diadakan Media Indonesia pada Kamis (22/9), Indra Sjafri berbicara mengenai kesibukannya sebagai direktur teknik PSSI.

Indra mengungkapkan untuk menjadi direktur teknik PSSI bukan hal yang serta merta dia dapatkan. Dia mengungkapkan dibutuhkannya “modal” untuk dapat mengemban tanggung jawab tersebut.

“Modal saya tentunya berasal dari pelatih, tidak tiba-tiba jadi direktur teknik. Makanya, waktu saya ditunjuk jadi direktur teknik, saya memikirkan apa yang menjadi manfaatnya. Kedua, pengalaman saya blusukan di 34 provinsi. Ketiga, saya sudah melakoni pertandingan yang berlabel Asia Tenggara baik dalam turnamen maupun pertandingan. Jadi, dengan 3 modal itu, saya sudah berpikir tentang apa sih yang bisa diperbaiki di sepak bola Indonesia,” ujar Indra.

Baca juga: Indra Sjafri Balas Kritik Shin Tae-yong

Lebih lanjut, Indra Sjafri mengungkapkan menjadi direktur teknik memiliki tanggung jawab yang lebih kompleks dibanding menjadi pelatih. 

“Tantangan menjadi pelatih bagaimana membangun tim yang terbaik dan membangun kejuaraan. Bagaimana memilih pemain, menjalankan latihan, dan membangun plan,” ucapnya.

“Namun, tantangan menjadi direktur teknik saya rasa lebih kompleks, karena saya tidak hanya memikirkan satu bidang. Tapi banyak bidang yang saya tangani. Pertama itu kepelatihan, yang kedua grassroot, ketiga yaitu sepak bola wanita. Lalu, keempat pengembangan youth development dan kelima pengembangan asprov yang tahun ini sudah diapprove oleh FIFA untuk setiap asprov harus ada direktur tekniknya, dan keenam tanggung jawab sebagai pengelola timnas Indonesia,” pungkasnya.(OL-5)

Baca Juga

Antara

Tak Ada Selebrasi di Kemenangan Saat Timnas Lumat Guam 14-0

👤Akmal Fauzi 🕔Senin 03 Oktober 2022, 23:43 WIB
Moment of silence dilakukan jelang kick-off sebagai bentuk penghormatan terhadap korban di...
AFP

Musim Depan Christopher Nkunku Gabung Chelsea

👤Ant 🕔Senin 03 Oktober 2022, 22:48 WIB
Pemilik baru Chelsea, Todd Boehly, sudah menebus klausul lepas Nkunku yang mencapai 53 juta poud (Rp911...
AFP

Jamu Barcelona, Inter Terancam Kehilangan Lautaro Martinez

👤Ant 🕔Senin 03 Oktober 2022, 22:40 WIB
Inter sendiri sudah terpaksa bermain tanpa Romelu Lukaku menghadapi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya