Sabtu 03 Juli 2021, 01:38 WIB

Dengan 10 Pemain, Swiss Paksa Spanyol Mainkan Perpanjangan Waktu

Mediaindonesia.com | Sepak Bola
Dengan 10 Pemain, Swiss Paksa Spanyol Mainkan Perpanjangan Waktu

AFP/Anton Vaganov.
Xherdan Shaqiri (kanan).

 

GOL Xherdan Shaqiri pada menit ke-68 membawa Swiss menyamakan kedudukan 1-1 setelah tertinggal 0-1 dari Spanyol pada babak pertama akibat gol bunuh diri gelandang Denis Zakaria dalam laga perempat final Euro 2020 di St Petersburg, Rusia, Jumat (2/7).

Swiss memberikan perlawanan sengit sampai 90 menit waktu normal berakhir, sekali pun kehilangan satu pemain pada menit-menit menentukan babak kedua. Tetapi Spanyol seperti biasa tetap mendominasi penguasaan bola, tetapi kesulitan menembus gawang Swiss.

Enam menit setelah upaya Xherdan Shaqiri diblok oleh Pau Torres, Spanyol mendapatkan tendangan penjuru pada menit ke-8. Koke menjadi penendang sepak pojok tersebut. Dia mengirimkan bola menyilang melewati sejumlah pemain yang berkerumun di depan gawang Swiss.

Bola kemudian menuju bek kiri Spanyol Jordi Alba yang dengan tendang first time-nya yang keras meneruskan bola langsung ke gawang Swiss. Zakaria berusaha membuang bola tapi malah masuk ke gawang sendiri dan sudah tak bisa dihalau kiper Yann Sommer yang sudah mati langkah.

Swiss berusaha membalas. Insiden terjadi ketika striker Breel Embolo meringis kesakitan setelah mengejar bola di tepi kotak penalti belakang Spanyol, hingga terpaksa ditarik pada menit ke-23 untuk digantikan oleh Ruben Vargas.

Spanyol hampir menggandakan kedudukan ketika Koke kembali mengirimkan bola matang dari tendangan penjuru pada menit ke-25. Cesar Azpilicueta melompat untuk menyambut bola. Namun bola sundulannya tepat jatuh ke pelukan kipter Swiss Yann Sommer.

Sembilan menit kemudian giliran Swiss yang mengancam gawang Spanyol ketika Manuel Akanji melompat guna menyambut bola kiriman Shaqiri dari sepak pojok, tetapi sundulannya terbang di atas mistar gawang Spanyol. Swiss kembali berusaha menciptakan gol balasan pada menit ke-39, tetapi Widmer juga menyundul bola sepak pojok yang juga dikirimkan Shaqiri terlalu jauh dari mistar gawang Spanyol.

Spanyol sendiri berusaha membobol lagi gawang Swiss tetapi kerap menemui benteng kokoh Swiss yang terutama digalang oleh penampilan cemerlang Manuel Elvedi yang nyaris mengawal ke mana pun Alvaro Morata.

Pada babak kedua Luis Enrique memasukkan Dani Olmo untuk menggantikan Pablo Sarabia. Lima menit kemudian Olmo menusuk dari kiri lapangan ke jantung pertahanan Swiss lalu melepaskan umpan silang, tetapi gagal dimaksimalkan Koke.

Pada menit ke-52 giliran Shaqiri yang hampir berhasil menaklukkan kiper Unai Simon. Namun bola mendarat tipis di samping gawang Spanyol.

Empat menit kemudian Zakaria hampir menebus kesalahannya yang membuat gawang Swiss kebobolan pada babak pertama. Dia hampir menyempurnakan kiriman bola dari Rodriguez. Sayang sundulannya menyamping dari gawang Unai Simon.

Pada menit ke-64 Zuber bermain satu dua dengan Vargas sampai ke depan gawang Spanyol. Namun Unai Simon bisa memblok bola untuk dibuangnya menjadi tendangan penjuru.

Empat menit kemudian Swiss menyamakan kedudukan setelah miskomunikasi antara dua bek tengah Spanyol Aymeric Laporte dan Pau Torres membuat bola dicuri oleh Freuler untuk dia bawa ke kotak penalti. Freuler yang sudah berhadapan dengan kiper, tidak egois dengan mengirimkan bola kepada Shaqiri untuk dia sarangkan ke gawang yang sudah tak terjaga.

Saat asik mengimbangi Spanyol, Swiss mengalami malapeteka ketika Freuler diusir keluar lapangan karena kartu merah menyusul pelanggaran keras terhadap Moreno pada menit ke-77. Surplus satu pemain, Spanyol berusaha memanfaatkannya dengan terus menekan sehingga beberapa peluang tercipta termasuk saat Gerard Moreno gagal mengoptimalkan bola kiriman tendangan bebas Koke.

Upaya Moreno lain pada menit ke-84 juga tak bisa menjebol gawang Swiss setelah kiper Yann Sommer bisa mengatasinya. Sampai menit tambahan babak kedua berakhir kedudukan tetap 1-1 sehingga laga dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu 2x15 menit.

Baca juga: Kroos Pensiun dari Timnas Usai Jerman Gagal di Euro 2020

 

Untuk kedua kali, Swiss memaksa lawannya bermain selama 120 menit. Namun kali ini mereka harus bermain dengan 10 orang. (Ant/OL-14)

Baca Juga

Antara

PSS Sleman Berjaya Tekuk Barito Putera di Kandang

👤Ant 🕔Jumat 15 Oktober 2021, 22:07 WIB
PSS Sleman yang menurunkan empat pemain asingnya mengambil inisiatif...
AFP

Newcastle Belum Berencana Pecat Steve Bruce

👤Ant 🕔Jumat 15 Oktober 2021, 21:36 WIB
Bruce dirumorkan akan dipecat setelah Newcastle United jadi klub kaya baru setelah diambil alih konsorsium Arab...
AFP

Guardiola Terkejut Dengan Keinginan Sterling Tinggalkan Manchester City

👤Widhoroso 🕔Jumat 15 Oktober 2021, 21:09 WIB
PERNYATAAN terbuka Raheem Sterling soal keinginannya meninggalkan Manchester City, membuat Pep Guardiola...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Risma Marah dan Gaya Kepemimpinan Lokal

ika melihat cara Risma marah di Gorontalo, hal itu tidak terlalu pas dengan norma, etika, dan kebiasaan di masyarakat.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya