Jumat 18 Juni 2021, 22:55 WIB

De Ligt tak Alergi Dikritik Legenda Belanda

Ant | Sepak Bola
De Ligt tak Alergi Dikritik Legenda Belanda

AFP
Matthijs de Ligt (kanan)

 

MATTHIJS  de Ligt mengaku senang menerima kritik dari mantan bintang tim nasional Belanda, Marco van Basten, yang disebutnya tak ubahnya jadi panduan bagi dirinya untuk terus berkembang mengasah kemampuan.

Kendati meraih kemenangan 2-0 atas Austria yang melempangkan langkah Belanda ke babak 16 besar Euro 2020 sebagai pemuncak Grup C, penampilan Tim Oranye masih menjadi sasaran kritik.

Van Basten secara khusus mengkritik De Ligt, yang baru kembali tampil setelah cedera pangkal paha, dinilai harus memperbaiki komunikasi serta antisipasinya. Ia juga menganalisis beberapa momen De Ligt yang dianggap kurang konsentrasi sepanjang laga.

"Dia pengawal pertahanan dan harus belajar untuk lebih bisa memimpin. Anda harus bisa lebih tegas. Dia hijrah ke Italia dan belajar untuk bertahan, tapi saya pikir dia belum memetik banyak pelajaran," kata Van Basten di sebuah stasiun televisi Belanda, Jumat (18/6)

Kritik itu disambut positif oleh De Ligt yang sangat menghargai pendapat Van Basten dan menganggapnya sebagai masukan penting untuk terus berkembang.

"Saya senang ketika seseorang seperti Tuan Van Basten mengatakan sesuatu, Anda harus mencoba menerima dan memahami maksudnya," kata De Ligt.

"Dia berbicara tentang komunikasi. Kami terus berusaha melakukannya, tentu kami bisa lebih baik lagi. Kritik itu bukan sesuatu yang buruk, tapi justru bisa mengasah Anda," ujarnya menambahkan.

Kritik juga dilontarkan oleh mantan pemain Belanda lainnya, Rafael van der Vaart, yang menilai tim besutan Frank de Boer tidak memperlihatkan banyak perkembangan positif saat menghadapi Austria dibandingkan melawan Ukraina.

Di laga pertama melawan Ukraina, Belanda sempat membuang keunggulan dua gol dan nyaris kehilangan dua poin sebelum Denzel Dumfries mencetak gol dramatis penentu kemenangan.

"Pada akhirnya saya kecewa. Melawan tim sekelas Austria, Anda seharusnya menciptakan tujuh atau delapan peluang," katanya yang menjadi pandit di stasiun televisi NOS.

"Saya tidak melihat perkembangan signifikan. Ya, kami tidak memberi Austria kesempatan, tapi itu memang sudah sewajarnya ketika melawan tim yang lebih lemah," sambungnya 

Belanda selanjutnya akan menutup penampilan di Grup C menjamu tim debutan turnamen Makedonia Utara di Johan Cruijff Arena, Amsterdam, Senin (21/6). (OL-8)

Baca Juga

AFP

Moura Dipastikan Fit Lawan Arsenal

👤Ant 🕔Minggu 26 September 2021, 00:34 WIB
Kembalinya talenta Brasil itu jelas diharapkan bisa menambah kekuatan...
AFP

Bawa Man City Tekuk Chelsea, Pep Cetak Rekor

👤Ant 🕔Sabtu 25 September 2021, 23:56 WIB
Hasil menjadi kemenangan ke-221 Guardiola bersama...
AFP

Atletico Madrid Kalah Mengejutkan dari Alaves

👤Ant 🕔Sabtu 25 September 2021, 23:33 WIB
Hasil ini membuat Atletico gagal menggusur Real Madrid di puncak...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Cegah Konflik di Myanmar semakin Memburuk

Bentrokan antara pasukan perlawanan bersenjata dan militer dalam beberapa hari terakhir telah mendorong gelombang evakuasi baru di wilayah barat laut

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya