Sabtu 09 April 2022, 20:15 WIB

Kapan Waktu yang Tepat Berolahraga di Bulan Ramadan?

Zubaedah Hanum | Ramadan
Kapan Waktu yang Tepat Berolahraga di Bulan Ramadan?

Antara/Hafidz
Warga bersepeda di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (3/4), di hari pertama puasa Ramadan 1443 H.

 

OLAHRAGA di tengah bulan puasa tentunya memiliki tantangan tersendiri. Belum lagi harus menyesuaikan dengan padatnya pekerjaan atau aktivitas di luar rumah lainnya.

Selain itu, masyarakat cenderung mengabaikan olahraga karena belum mengetahui harus mulai dari mana. Termasuk menjaga asupan nutrisi dan kalori yang dibutuhkan oleh tubuh untuk mengimbangi olahraga yang ideal.

Menurut dr. Elsye, Sp.KO, Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga Halodoc, olahraga bisa dimulai dari gerakan yang sederhana. Misalnya melakukan minimal 10.000 langkah setiap hari atau bisa juga dilakukan minimal 10 menit setiap 2 jam.

"Kamu bisa melakukannya dengan jalan di tempat atau peregangan ringan yang penting dilakukan secara teratur," ujar dr. Elsye dalam HaloTalk Spesial Ramadan, pada Jumat, 8 April 2022.

"Saat berpuasa, olahraga bisa dilakukan dengan intensitas ringan hingga sedang. Waktu yang paling tepat saya rekomendasikan adalah 1-2 jam setelah buka puasa. Namun, kalau masih memiliki cadangan energi, 1 jam sebelum buka puasa atau 1 jam setelah sahur bisa dilakukan dengan intensitas ringan," saran dr. Elsye.

Olahraga yang teratur membantu tubuhmu mengeluarkan hormon endorfin yang membantu mood kita lebih bagus. Buat kamu yang insomnia juga bisa mulai olahraga agar tidur bisa lebih nyenyak.

"Kuncinya adalah konsistensi dan tidak ragu mengkonsultasikan kondisi kesehatan apapun ke dokter yang kini sudah sangat mudah," tutur dr. Elsye.

“Konsistensi juga membantu kita tetap fit dalam jangka panjang, bahkan setelah Ramadan. Kita mengetahui, makanan yang berlimpah saat hari raya tidak bisa dihindari. Kalau kita sudah tahu akan makan banyak, intensitas olahraga juga harus ditingkatkan. Olahraga yang cukup juga harus diimbangi dengan pola makan yang teratur agar tubuh tetap bugar setelah hari raya,” tambah dr. Elsye.

Selain olahraga yang konsisten dan mengonsumsi nutrisi seimbang, upaya preventif juga bisa dilakukan dengan menyiapkan obat dan multivitamin agar kita bisa menjalankan puasa anti lemas dan tetap fit. (Medcom.id/H-2)

 

Baca Juga

Ist

Masyarakat Puas Kinerja dari Pemerintah dan Polisi Tangani Arus Mudik

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 15 Mei 2022, 21:22 WIB
Masyarakat merasakan puas atas kinerja dari Pemerintah Indonesia dan Polri terkait hal penanganan dan penyelenggaraan arus mudik Hari Raya...
DOK Pribadi.

Program Ramadhan Brand Berbagi Salurkan 1.000 Lebih Paket

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 09 Mei 2022, 21:50 WIB
Harapannya, seluruh donasi yang diberikan dapat menjadi berkah, tidak hanya bagi penerima, tetapi juga untuk perusahaan sebagai...
Dok. Mahasiswa Diaspora di Saint Petersburg

Lebaran Penuh Kegembiraan di Saint Petersburg

👤 Naila Maziya Labiba ! Mahasiswi Program Master di Saint Petersburg State Technological Institute (Technical University) 🕔Jumat 06 Mei 2022, 14:25 WIB
Acara silaturahim yang bertemakan Pulang Kampoeng ke Rumah Nenek dibuka dengan sambutan Ketua persatuan mahasiswa Indonesia di Saint...

RENUNGAN RAMADAN

CAHAYA HATI


JADWAL IMSAKIYAH
Rabu, 18 Mei 2022 / Ramadan 1443 H
Wilayah Jakarta dan Sekitarnya
Imsyak : WIB
Subuh : WIB
Terbit : WIB
Dzuhur : WIB
Ashar : WIB
Maghrib : WIB
Isya : WIB

PERNIK RAMADAN