Selasa 11 Mei 2021, 15:00 WIB

Warga Temanggung Dilarang Takbir Keliling

Tosiani | Ramadan
Warga Temanggung Dilarang Takbir Keliling

MI/PIUS ERLANGGA
Takmir masjid melantunkan takbir secara virtual jelang hari Raya Idul Fitri 1441 H di Masjid Sunda Kelapa, Jakarta, Sabtu (23/5/2020)

 

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Temanggung, Jawa Tengah melarang pelaksanaan takbir keliling pada malam sebelum Hari Raya Idul Fitri. Takbir hanya boleh dilakukan di masjid. Hal itu guna mencegah potensi penyebaran covid-19 jika terjadi keramaian.

Sekretaris Satgas Covid-19 Kabupaten Temanggung, Djoko Prasetyono, menyampaikan, perihal aturan tersebut tercantum dalam Surat Edaran (SE) Nomor 451.1/008 Tahun 2021 tentang Pedoman Sholat Idul Fitri 1442 H/Tahun 2021. SE tersebut mengatur tentang berbagai hal berkaitan dengan Idul Fitri, mulai malam takbir, Salat Idul Fitri hingga tradisi ujung-ujungan (silaturahmi).

Baca juga: BPJS Kesehatan Bentuk Tim Pastikan Layanan Aman saat Lebaran

"Melalui SE Bupati Temanggung meminta kepada seluruh masyarakat agar mematuhi beberapa hal yang telah termaktub dalam SE tersebut. Langkah ini ditempuh guna meminimalisasi penularancCovid-19," kata Djoko.

Ia menegaskan, seluruh umat Islam di Kabupaten Temanggung dilarang melaksanakan takbir keliling. Mereka boleh tetap menggemakan takbir dan tahmid di masjid yang dilakukan oleh takmir atau jamaah yang terbatas jumlahnya. (H-3)

Baca Juga

Antara/Yulius Satria Wijaya.

E-commerce yang paling Dicari Konsumen selama Ramadan

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 24 Mei 2022, 16:00 WIB
Posisi itu diikuti Tokopedia 18% dan Lazada 4%. Situs belanja online lain yang juga disebut konsumen ialah Bukalapak, Blibli, dan...
Ist

Masyarakat Puas Kinerja dari Pemerintah dan Polisi Tangani Arus Mudik

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 15 Mei 2022, 21:22 WIB
Masyarakat merasakan puas atas kinerja dari Pemerintah Indonesia dan Polri terkait hal penanganan dan penyelenggaraan arus mudik Hari Raya...
DOK Pribadi.

Program Ramadhan Brand Berbagi Salurkan 1.000 Lebih Paket

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 09 Mei 2022, 21:50 WIB
Harapannya, seluruh donasi yang diberikan dapat menjadi berkah, tidak hanya bagi penerima, tetapi juga untuk perusahaan sebagai...

RENUNGAN RAMADAN

CAHAYA HATI


JADWAL IMSAKIYAH
Rabu, 29 Jun 2022 / Ramadan 1443 H
Wilayah Jakarta dan Sekitarnya
Imsyak : WIB
Subuh : WIB
Terbit : WIB
Dzuhur : WIB
Ashar : WIB
Maghrib : WIB
Isya : WIB

PERNIK RAMADAN