Rabu 14 April 2021, 20:27 WIB

Pemkab Pidie Larang Buka Warung saat Siang

Amiruddin Abdullah Reubee | Ramadan
Pemkab Pidie Larang Buka Warung saat Siang

MI/Amiruddin Abdullah Reubee.
Wakil Bupati Pidie, Fadlullah TM Daud.

 

PEMERINTAH Kabupaten Pidie mengharapkan kepada seluruh pemilik warung dan penjual makanan supaya tidak berjualan pada siang hari, termasuk bahan berbuka puasa dan kuliner lain. Mereka diperbolehkan menjaja dagangan pada sore hari atau pukul 16.00 WIB.

Hal itu disampaikan Wakil Bupati Pidie Fahlullah TM Daud kepada Media Indonesia, Rabu (14/4). Larangan berjualan pada siang hari itu diberlakukan selama Ramadan. "Ini untuk menghormati orang yang berpuasa. Kalau tidak mematuhi akan dikenai sanksi," tutur Wakil Bupati Fadhlullah.

Fadhlullah juga mengimbau kepada seluruh pemilik warung nasi, kafe, dan restauran supaya menutup dagangan ketika masuk waktu isya hingga selesai salat tarawih. Jangan ada aktivitas berjualan dan nongkrong di warung saat orang menunaikan salat tarawih.

Aturan tersebut diberlakukan sesuai dengan qanun (perda) syariat Islam yang berlaku di bumi serambi Mekkah. Barang siapa tidak mematuhi, berarti melanggar peraturan pemerintah dan syariat Islam.

"Tentu akan dikenai sanksi sesuai ketentuan hukum yang berlaku di Aceh. Karena ini dianggap mengingkari peraturan yang telah ditetapkan," tuturnya.

Kepada penegak hukum seperti wilayatul hisbah (polisi syariat) agar mengawasi semua tempat jualan atau lokasi keramaian saat waktu-waktu terlarang, terutama saat siang hari atau ketika kaum muslimin menunaikan salat tarawih. "Kami mendukung kegiatan positif apalagi bernilai menghidupkan peremonomian rakyat. Tapi jangan juga melanggar etika daerah, terutama aturan yang sudah ditetapkan dalam Islam," tandas Fadhlullah TM Daud. (OL-14)

Baca Juga

Dok. Amy Maulana

Takbir dan Salawat Bergema Sambut Idul Fitri di Dagestan Rusia

👤Humaniora 🕔Senin 17 Mei 2021, 08:00 WIB
Tradisi lebaran masyarakat muslim Dagestan yang unik adalah mengunjungi keluarga atau tetangga yang tahun ini berduka ditinggalkan mati...
ANTARA/ADENG BUSTOMI

Ketupat Lemak, Menu Wajib Lebaran di Kubu Raya

👤Humaniora 🕔Jumat 14 Mei 2021, 10:31 WIB
Ketupat lemak merupakan beras ketan yang dimasukkan ke dalam daun kelapa yang sudah di anyam. Beda dengan ketupat, pada umumnya ketupat...
Antara

Ketua DPR: Idulfitri Momentum Perkuat Solidaritas

👤Putra Ananda 🕔Kamis 13 Mei 2021, 13:59 WIB
Apalagi saat pandemi covid-19, menurut Puan penting untuk berbagi kebahagiaan dengan saudara di sekeliling kita. Terutama mereka yang...

RENUNGAN RAMADAN

TAFSIR AL-MISHBAH

2022-01-27

JADWAL IMSAKIYAH
Kamis, 27 Jan 2022 / Ramadan 1442 H
Wilayah Jakarta dan Sekitarnya
Imsyak : 04:30 WIB
Subuh : 04:40 WIB
Terbit : 05:53 WIB
Dzuhur : 12:05 WIB
Ashar : 15:27 WIB
Maghrib : 18:31 WIB
Isya : 19:26 WIB

TAUSIYAH