Rabu 31 Maret 2021, 09:05 WIB

Ramadan, Puskesmas Tasikmalaya Layani Vaksinasi Malam Hari

Kristiadi | Ramadan
Ramadan, Puskesmas Tasikmalaya Layani Vaksinasi Malam Hari

ANTARA/Andreas Fitri Atmoko
Petugas menyuntikan vaksin covid-19 dosis kedua kepada peserta di Jogja Expo Centre (JEC), Bantul, D.I Yogyakarta, Selasa (30/3/2021)

 

Sejumlah Puskesmas di Tasikmalaya akan tetap melayani vaksinasi Covid-19 malam hari di bulan ramadan dan pelaksanaan tersebut, tujuannya untuk meminimalisasi adanya gejala pusing setelah warga menjalani suntikan. Pelaksanaan vaksinasi yang dilakukan pada bulan ramadan sesuai fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan tidak akan membatalkan ibadah puasa.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan dan Pengendalian Penduduk Kabupaten Tasikmalaya, Atang Sumardi mengatakan, program vaksinasi akan tetap berjalan selama bulan ramadhan 1442 hijriah. Karena, kegiatan vaksinasi tersebut tak akan mengganggu atau membatalkan ibadah puasa.

Baca juga: Lapan Perkirakan Awal Ramadan Bersama pada 13 April

"Untuk wilayah Kabupaten Tasikmalaya akan tetap menyelenggarakan vaksinasi di bulan Ramadan dan pelaksanaan tersebut memang tidak membatalkan puasa. Karena, sejumlah puskesmas akan melayani vaksinasi terutama pada malam dan pagi hari serta beberapa jam setelah sahur," katanya, Selasa (30/31).

Ia mengatakan, vaksinasi akan dilakukan pada malam dan pagi hari itu untuk mengantisipasi adanya gejala pusing dari penerima vaksin tapi jika vaksinasi dilakukan pada siang atau sore hari akan ada potensi penerima vaksin mengalami gejala pusing akan lebih tinggi. Namun, jika siang atau sore hari agak riskan karena orang berpuasa keadaan perut kosong mengingat siang atau sore hari sudah lapar.

"Kami mengimbau masyarakat di Kabupaten Tasikmalaya tidak perlu khawatir pelaksanaan vaksinasi saat Ramadan akan mengganggu ibadah. Pasalnya, MUI sudah mengeluarkan fatwa kalau vaksin itu tak akan mengganggu ibadah khsusunya puasa karena kegiatan itu tidak akan membatalkan," ujarnya.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, Asep Hendra Herdiana, mengatakan, vaksinasi yang dilakukan pada bulan puasa akan tetap berjalan sesuai jam kerja. Karena, vaksinasi di malam hari hanya akan membebani petugas vaksinator dan mereka juga akan kerepotan.

"Pelaksanaan vaksinasi pada ramadan tidak akan mengganggu jalannya puasa, apalagi membatalkan dan selama penerima vaksin sudah sahur dan siap untuk divaksin tak akan membawa dampak negatif. Kami juga minta agar masyarakat juga tak perlu khawatir jika mendapatkan antrean vaksinasi pada siang hari dan vaksinasi dinilai tak akan membuat seseorang lemas atau pusing yang berlebihan tapi mereka harus tetap menjaga kesehatan," paparnya.

Pelaksanaan vaksinasi di Kota Tasikmalaya untuk pelayan publik masih terus berjalan dan sekarang telah tercatat dari 60 ribu sasaran baru 20 ribu yang menjalani vaksinasi. Akan tetapi, kecepatan pelakasanaan vaksinasi di daerah sangat tergantung distribusi vaksin dari pemerintah pusat dan jika vaksin cepat datang bisa cepat dilaksanakan. (H-3)

Baca Juga

Dok. Amy Maulana

Takbir dan Salawat Bergema Sambut Idul Fitri di Dagestan Rusia

👤Humaniora 🕔Senin 17 Mei 2021, 08:00 WIB
Tradisi lebaran masyarakat muslim Dagestan yang unik adalah mengunjungi keluarga atau tetangga yang tahun ini berduka ditinggalkan mati...
ANTARA/ADENG BUSTOMI

Ketupat Lemak, Menu Wajib Lebaran di Kubu Raya

👤Humaniora 🕔Jumat 14 Mei 2021, 10:31 WIB
Ketupat lemak merupakan beras ketan yang dimasukkan ke dalam daun kelapa yang sudah di anyam. Beda dengan ketupat, pada umumnya ketupat...
Antara

Ketua DPR: Idulfitri Momentum Perkuat Solidaritas

👤Putra Ananda 🕔Kamis 13 Mei 2021, 13:59 WIB
Apalagi saat pandemi covid-19, menurut Puan penting untuk berbagi kebahagiaan dengan saudara di sekeliling kita. Terutama mereka yang...

RENUNGAN RAMADAN

TAFSIR AL-MISHBAH

2022-01-22

JADWAL IMSAKIYAH
Sabtu, 22 Jan 2022 / Ramadan 1442 H
Wilayah Jakarta dan Sekitarnya
Imsyak : 04:27 WIB
Subuh : 04:37 WIB
Terbit : 05:51 WIB
Dzuhur : 12:04 WIB
Ashar : 15:27 WIB
Maghrib : 18:30 WIB
Isya : 19:26 WIB

TAUSIYAH