Sabtu 11 Mei 2019, 00:20 WIB

Puasa Lahirkan Produktifitas

Ade Alawi | Ramadan
Puasa Lahirkan Produktifitas

MI/Ade Alawi
Sekretaris Komisi Fatwa MUI Asrorun Ni'am Saleh

 

RAMADAN adalah bulan yang istimewa. Bulan di mana doa umat yang berpuasa bakal dikabulkan oleh Allah SWT. Berpuasa juga berbeda dengan ibadah lainnya, karena yang mengetahui kesungguhan berpuasa hanya dirinya dengan Allah SWT.

"Puasa itu sangat personal sifatnya. Puasa tidak bisa riya (ingin dipuji) atau nipu-nipu berpuasa. Komitmen berpuasa adalah sifatnya fisik, menahan dari segala yang membatalkan, tapi yang disasar adalah mentalitas orang yang berpuasa, yakni kedisiplinan. Nah, kedisiplinan akan melahirkan produktifitas," kata Sekretaris Komisi Fatwa MUI Asrorun Ni'am Saleh saat memberikan tausiah jelang berbuka puasa dihadapan ratusan karyawan Media Group  di Masjid Nursiah Daud Paloh (NDP), Kedoya, Jakarta Barat, Jumat (10/5).

Menurutnya, selain melatih kedisiplinan, tradisi buka puasa di kantor atau di masyarakat sangat bagus untuk membangun kebersamaaan, menjalin silaturrahim, dan jaringan.

Baca juga : Festival Pesona Khazanah Ramadan

Begitu pula, kata dia, buka bersama atau sahur bersama dengan keluarga sangat bagus untuk menciptakan kebersamaan dan komunikasi.

"Dari kebersamaan, silaturrahim, komunikasi yang lancar akan mengurangi stres, ketika stres hilang, maka etos kerja akan muncul. Dari sinilah akan muncul produktifitas," jelasnya.

Dalam tausiah yang bertema Ramadan, antara Spiritualitas dan Produktifitas, Asrorun mengapresiasi buka bersama yang digelar Masjid NDP.

Selain buka bersama, Masjid NDP pun mengadakan tarawih, kajian bakda zuhur, pesantren kilat anak-anak, pendidikan jurnalistik milenial, santunan anak yatim, dan berbagai lomba (Panahan, Pidato/Kultum, Mengaji). (OL-8)

Baca Juga

Ist

Masyarakat Puas Kinerja dari Pemerintah dan Polisi Tangani Arus Mudik

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 15 Mei 2022, 21:22 WIB
Masyarakat merasakan puas atas kinerja dari Pemerintah Indonesia dan Polri terkait hal penanganan dan penyelenggaraan arus mudik Hari Raya...
DOK Pribadi.

Program Ramadhan Brand Berbagi Salurkan 1.000 Lebih Paket

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 09 Mei 2022, 21:50 WIB
Harapannya, seluruh donasi yang diberikan dapat menjadi berkah, tidak hanya bagi penerima, tetapi juga untuk perusahaan sebagai...
Dok. Mahasiswa Diaspora di Saint Petersburg

Lebaran Penuh Kegembiraan di Saint Petersburg

👤 Naila Maziya Labiba ! Mahasiswi Program Master di Saint Petersburg State Technological Institute (Technical University) 🕔Jumat 06 Mei 2022, 14:25 WIB
Acara silaturahim yang bertemakan Pulang Kampoeng ke Rumah Nenek dibuka dengan sambutan Ketua persatuan mahasiswa Indonesia di Saint...

RENUNGAN RAMADAN

CAHAYA HATI


JADWAL IMSAKIYAH
Selasa, 17 Mei 2022 / Ramadan 1443 H
Wilayah Jakarta dan Sekitarnya
Imsyak : WIB
Subuh : WIB
Terbit : WIB
Dzuhur : WIB
Ashar : WIB
Maghrib : WIB
Isya : WIB

PERNIK RAMADAN