Sabtu 19 November 2022, 14:01 WIB

Demokrat Sebut Cawapres Anies akan Dibahas Bersama

Putra Ananda | Politik dan Hukum
Demokrat Sebut Cawapres Anies akan Dibahas Bersama

Dok.Pribadi
Anies Baswedan bersama sejumlah politisi dari Partai NasDem, Demokrat dan PKS.

 

PARTAI Demokrat menyebut penentuan calon wakil presiden (cawapres) pendamping Anies Baswedan akan dibahas bersama-sama oleh ketiga partai politik (parpol) mitra koalisi.

Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP partai Demokarat Herzaky Mahendra Putra menjelaskan parpol Koalisi perubahan yakni Demokrat, NasDem dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengedepankan koalisi yang sejajar dan terbuka.

"Karena dasar dari koalisi kami adalah equal parnertship, kesejajaran. Bukan satu mendominasi yang lain, ataupun satu di atas yang lain. Semua dalam posisi sejajar," ujar Herzaky saat dihubungi di Jakarta, Sabtu (19/11).

Selain cawapres, pembahasan visi misi dan plaftorm pemerintahan ke depan juga turut dibicarakan secara terbuka dan bersama-sama oleh antar mitra koalisi. Juga terkait, kebijakan, program perubahan, strategi pemenangan, jadwal deklarasi. Kesejajaran posisi ketiga parpol dalam Koalisi Perubahan disampaikan Herzaky merupakan pondasi utama dalam memenangkan Anies Baswedan di 2024 mendatang.

Baca juga: Gatot Nurmantyo, Anies Baswedan, dan HRS adalah Tokoh Pemimpin Perubahan

"Inilah fondasi yang membuat bangunan Koalisi Perubahan kokoh, tak mudah diterjang isu, fitnah, maupun upaya pecah belah apapun," ungkapnya.

Posisi yang sejajar disampaikan oleh Herzaky memerlukan komunikasi yang terbuka dan setara antar parpol. Setiap parpol bebas dan bisa menyampaikan pemikiran, pandangan, dan argumen terkait strategi dan arah pemenangan 2024 termasuk penentuan cawapres.

"Semua dibahas secara terbuka di antara kami," ungkapnya.

Terpisah, Direktur Eksekutif Trias Politika Agung Baskoro menilai, Koalisi Perubahan untuk segera mendeklarasikan koalisinya secara resmi. Hal tersebut bisa menjadi solusi untuk meredam konflik antarkader parpol yang tengah melakukan penjajakan kerja sama.

“Ikhtiar politik mengumumkan Koalisi Perubahan dan Anies secara resmi terlebih dahulu seenggaknya langkah maju sebagai sinyal keseriusan,” sebut Agung.

Menurut Agung, deklarasi yang dilakukan akan memperkuat koalisi hingga kader ke tiga partai dalam menghadapi dinamika pilpres. Deklarasi juga dapat mengatasi gangguan soliditas internal di masing-masing parpol.

“Sisi positifnya kini semua pihak Koalisi Perubahan bisa membayangkan efek dari kontraksi-komplikasi politik yang bakal dihadapi apabila tak diselesaikan satu demi satu pekerjaan rumah yang ada di depan mata,” tuturnya. (OL-4)

Baca Juga

dok.PPP

Rapimwil Jateng, PPP Bahas Usulan Capres dari Kader Daerah

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 27 November 2022, 07:20 WIB
PARTAI Persatuan Pembangunan (PPP) Jateng menggelar Rapat Pimpinan Wilayah (Rapimwil) di Kota Semarang, Jateng. Rapimwil membahas capres...
MI/BAYU ANGGORO

KNPI Jawa Barat Solid Dukung Ketua DPP Ryano Panjaitan

👤Bayu Anggoro 🕔Minggu 27 November 2022, 06:35 WIB
Ketua KNPI Jabar Ridwanwasyah Yusuf mengatakan, peralihan ini didasari atas legalitas kepemimpinan Ryano Panjaitan di organisasi...
MI/M Irfan

Bawaslu RI: Gotong Royong Demi Cegah Kecurangan Pemilu 2024

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Sabtu 26 November 2022, 23:04 WIB
BADAN Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI menyatakan bahwa pihaknya mengedepankan gotong-royong demi mencegah adanya kecurangan pada...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya