Senin 31 Oktober 2022, 18:50 WIB

Perkuat Kemandirian Bangsa untuk Menangkan Persaingan Global

Muhammad Fauzi | Politik dan Hukum
Perkuat Kemandirian Bangsa untuk Menangkan Persaingan Global

dok.mi
Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat.

 

UPAYA membangun kemandirian bangsa harus diperkuat dengan dukungan kebijakan yang strategis agar mampu menghadapi persaingan global. Kebijakan yang dihasilkan para pemangku kepentingan harus konsisten berlandaskan nilai-nilai kebangsaan yang kita miliki.

"Survei yang menunjukkan mayoritas masyarakat kita menolak intervensi asing dalam setiap kebijakan nasional itu sangat membanggakan. Itu artinya semangat kemandirian kita tinggi, sebagai modal untuk menghadapi persaingan global," kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Senin (31/10).

Berdasarkan riset Pusat Kajian Hukum dan Pancasila Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 90% masyarakat Indonesia menolak adanya intervensi asing terhadap kebijakan-kebijakan nasional.

Survei itu dilakukan untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap Pancasila, melalui jajak pendapat secara daring terhadap 1.000 responden.

Berdasarkan survei juga ditemukan 62% responden menganggap pemerintah masih berpegang pada Pancasila sebagai dasar pembuatan kebijakan, terutama dalam hal pengelolaan sumber daya alam.

Menurut Lestari, fakta tersebut harus terus ditingkatkan sebagai modal anak bangsa dalam menghadapi beragam bentuk persaingan di tingkat global.

Nilai-nilai nasionalisme, persatuan dan kemandirian, jelas Rerie, sapaan akrab Lestari, harus benar-benar ditumbuhkembangkan di kalangan masyarakat luas untuk meningkatkan daya saing dan daya tahan bangsa ini.

Rerie, yang juga anggota Komisi X DPR RI dari Dapil II Jawa Tengah itu, berharap nilai-nilai kebangsaan tersebut dapat konsisten ditanamkan sejak dini lewat keluarga, komunitas masyarakat, maupun institusi pendidikan.

Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu mengajak seluruh anak bangsa untuk bersama-sama membangun optimisme yang kuat dalam menghadapi potensi ancaman krisis global.

Menurut Rerie, momentum meningkatnya semangat kemandirian dan pemahaman terhadap nilai-nilai kebangsaan warisan dari para pendiri bangsa, harus terus dilestarikan sebagai pedoman bangsa ini dalam menjawab setiap tantangan yang dihadapi. (OL-13)

Baca Juga: MK Putuskan Menteri "Nyapres" Tidak Perlu Mundur

Baca Juga

MI/HO

Zulhas Akui Arus Bawah PAN Dukung Erick Thohir jadi Cawapres

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 03 Desember 2022, 16:58 WIB
“Cawapresnya Pak Erick Thohir yang sudah sehari-hari sama saya, paling nyantol,” terang...
MI/HO

Saksi Kemenkop Akui Secara Hukum, Koperasi Indosurya tidak Bisa Dipidana

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 03 Desember 2022, 16:50 WIB
“Karena dalam UU kita, koperasi tidak dapat sanksi pidana dan hanya bisa kena sanksi...
ANTARA FOTO/Ampelsa

Pelemparan Telur dan Kaus Kaki Busuk Bukan Skenario Playing Victim

👤Putra Ananda 🕔Sabtu 03 Desember 2022, 16:50 WIB
Pelemparan telur dan kaus kaki ke Kantor DPW NasDem Aceh merupakan buntut dari rangkaian safari calon presiden (capres) 2024 NasDem Anies...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya