Sabtu 01 Oktober 2022, 13:53 WIB

Kejagung Siap Lanjutkan Penahanan Putri Candrawathi

Tri Subarkah | Politik dan Hukum
Kejagung Siap Lanjutkan Penahanan Putri Candrawathi

ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Tersangka kasus pembunuhan berencana Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat, Putri Candrawathi (tengah)

 

KEJAKSAAN Agung memberikan sinyal untuk melanjutkan penahanan Putri Candrawathi setelah proses tahap II atau penyerahan tanggung jawab tersangka dan barang bukti dilakukan dari Polri. Upaya ini dilakukan untuk memperlancar proses pemberkasan sampai persidangan ke depan.

Per Jumat (30/9), penyidik Bareskrim Polri menahan istri mantan Kepala Divisi Profesi dan dan Pengamanan (Kadiv Propam) Polri Ferdy Sambo tersebut di rumah tahanan (Rutan) Mabes Polri. Menurut Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung Ketut Sumedana, jaksa sudah terbiasa melanjutkan penahanan seorang tersangka setelah dilimpahkan dari penyidik.

"Dalam praktiknya begitu, kalau penyidik menahan, pasti kita menahan," kata Ketut melalui keterangan tertulis, Sabtu (1/10).

Lebih lanjut, Ketut juga menegaskan proses penahanan Putri bisa dilanjutkan jaksa karena perkara tersebut telah menyita perhatian masyarakat. Apalagi, sambungnya, Putri telah dinyatakan sehat.

"Kasus ini menarik perhatian masyarakat dan yang bersangkutan (Putri) dinyatakan sehat. Penahanan itu untuk mempermudah proses persidangan," jelas Ketut.

Baca juga: Kapolri Akan Menindak Tegas Anggota yang Terlibat Perjudian

Dalam konferensi pers yang digelar kemarin, Kapolri Listyo Sigit Prabowo mengumumkan kondisi kesehatan jasmani dan psikologi tersangka kasus dugaan pembunuhan berencana terhadap Brigadir Nopriansyah Yoshua Hutabarat itu dalam keadaan baik.

"Untuk mempersiapkan dan mempermudah proses penyerahan berkas tahap II, hari ini saudari PC kita nyatakan, kita putuskan untuk ditahan di Rutan Mabes Polri," kata Kapolri.

Kuasa hukum Putri, Febri Diansyah, mengatakan kliennya bersikap kooperatif atas proses hukum yang berjalan. Terkait hasil pemeriksaan psikologi, ia menyebut Putri masih mengalami trauma dan membutuhkan beberapa obat.

"Namun hal tersebut tidak mengurangi komitmen untuk bisa kooperatif lebih lanjut," ujarnya. (OL-4)

Baca Juga

dok.twitter

Bawaslu Gandeng Platform Media Sosial Berantas Informasi Hoaks

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Minggu 04 Desember 2022, 12:50 WIB
BADAN Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI menggandeng beberapa platform media sosial, seperti Facebook hingga TikTok guna turutserta...
Ist/DPR

Komisi III DPR Tegaskan Pengedar dan Penjual Narkoba Harus Dihukum Maksimal

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 04 Desember 2022, 10:51 WIB
Wakil Ketua Komisi III DPR RI Pangeran Khairul Saleh menegaskan bahwa ke depan bagi pengedar dan penjual narkoba harus dihukum...
Ist

Tingkatkan Profesionalisme Tentara Nasional sebagai Pelindung Rakyat

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 04 Desember 2022, 10:41 WIB
Anggota Komisi I DPR RII Arwani Thomafi mendorong agar Panglima TNI yang baru, Laksamana TNI Yudo Margono, dapat meningkatkan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya