Sabtu 23 Juli 2022, 13:00 WIB

Parpol Sudah Boleh Sosialisasi Visi-Misi & Program Tapi Jangan Kampanye

Indriyani Astuti | Politik dan Hukum
Parpol Sudah Boleh Sosialisasi Visi-Misi & Program Tapi Jangan Kampanye

MI/Aminudiin Abdullah.
Ilustrasi

 

PENDAFTARAN partai politik (parpol) calon peserta pemilu akan dibuka 1 Agustus 2022. Partai politik diperkenankan melakukan sosialisasi kepada masyarakat jelang Pemilu serentak 2024. Namun, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI Rahmat Bagja mengingatkan partai dilarang mengajak masyarakat untuk memilih karena belum masuk masa kampanye.

"Parpol silakan kenalkan program kerja dan visi misi. Bisa dengan cara door to door ke rumah warga," ujar Bagja dalam pernyataan yang dikutip Sabtu (23/7)

Baca juga: Legislator Apresiasi Kebijakannya Restorarive Juctice Kejaksaan Agung

Selain itu, anggota atau kader partai politik yang memegang jabatan publik juga tidak diperbolehkan menggunakan fasilitas negara seperti mobil dinas. Selain itu gedung dan rumah dinas yang dipakai untuk pertemuan internal partai. Partai, imbuh dia, tidak boleh membagikan amplop berisi uang ataupun menyerang partai lain. 

"Kaos dan atribut boleh. Amplop berisi kartu nama atau stiker boleh saja. Jangan diisi yang lain (uang) nanti bisa bermasalah," ujarnya.

Parpol juga diizinkan memasang atribut partai seperti spanduk, baliho atau semacamnya. Bawaslu, imbuh dia, tidak berwenang mengatur pemasangan atribut partai. Pemerintah daerah yang punya kewenangan itu. Bagja mengatakan masa kampanye Pemilu Serentak 2024 akan dimulai 28 November 2023 sampai 10 Februari 2024 atau 75 hari.

"Spanduk dan semacamnya itu kewenangan daerah masing-masing. Selama dimungkinkan untuk memasang spanduk pada masa sekarang, silakan saja," tukasnya. (OL-6)

Baca Juga

Ist

Kapolri: Raih Lagi Kepercayaan Publik Hingga Hindari Pelanggaran

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 23:53 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menggelar arahan melalui video conference kepada seluruh jajaran mulai dari tingkat Mabes Polri...
Antara

LPSK Ingin Ada Tahanan Khusus Bagi Justice Collaborator

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 23:23 WIB
Hingga saat ini, LPSK belum memiliki rutan khusus untuk justice collaborator. Sebab, hal itu secara administratif berada di bawah...
MI/Susanto

PDIP Buka Peluang Koalisi, Golkar: Tak akan Keluar dari KIB

👤Anggi Tondi Martaon 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 22:51 WIB
Alasan Golkar tak akan meninggalkan KIB karena merupakan inisiator koalisi pertama Pemilihan Presiden (Pilpres)...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya