Senin 23 Mei 2022, 19:57 WIB

Gaji Petugas KPPS Naik Tiga Kali Lipat

Anggi Tondi Martaon  | Politik dan Hukum
Gaji Petugas KPPS Naik Tiga Kali Lipat

MI/ Seno
Ilustrasi

 

GAJI petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) disepakati naik pada Pemilu 2024. Hal itu merupakan hasil kesepakatan antara pemerintah, penyelenggara pemilu, dan Komisi II dalam rapat konsinyasi yang dilakukan beberapa waktu lalu.

"Kita menyepakati untuk petugas-petugas ad-hoc itu karena kerjanya cukup berat, kita sepakati untuk meningkatkan sebanyak tiga kali lipat dari biasanya, dari penyelenggaran pemilu sebelumnya," kata Wakil Ketua Komisi II DPR Syamsurizal di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (23/5)

Politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu menyebut pertimbangan lain menaikkan gaji petugas KPPS yaitu inflasi. Menurut dia, gaji petugas KPPS dinilai tak begitu besar jika dibandingkan 2019 dengan 2024. 

"Saya kira ini wajar karena bicara inflasi saja. Misal dulu Rp500 ribu bisa beli apa sekarang gak bisa. Jadi wajar kita baiknya 3 kali lipat," ungkap dia.

Ia menyebut jika penetapan penaikan gaji petugas KPPS menuai pro dan kontra. Ada pihak yang menolak penaikan karena menyebabkan anggaran Pemilu 2024 membengkak.

"Sudah kesepakatan kita walaupun ketika itu ada perdebatan ada pihak-pihak yang pertanyakan apa ini tidak kurang atau terlalu besar," tandasnya.

Namun, rapat konsinyasi tak menetapkan angka gaji petugas KPPS Pemilu 2024. Pengambil keputusan hanya menetapkan besaran gaji harus lebih besar dari penyelenggaraan pemilu sebelumnya. "Angka itu kita tidak sebut tapi 3 kali lipat dari pemilu biasanya/sebelumnya," pungkasnya. (OL-8)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

DPR Bahas RUU KUHP per Fraksi

👤Sri Utami 🕔Rabu 06 Juli 2022, 15:30 WIB
Wakil Menteri Hukum dan HAM Edward Omar Sharif Hiariej saat rapat kerja dengan Komisi III DPR memaparkan terdapat tujuh poin penting untuk...
 MI/Amir MR

Ketua MPR Minta Polda Papua Usut Pemasok Amunisi ke KKB Papua

👤Mediaindonesia 🕔Rabu 06 Juli 2022, 14:50 WIB
Bamsoet juga meminta kepada aparat untuk memberikan sanksi tegas terhadap oknum penyuplai amunisi ke KKB, di samping terus berupaya...
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

KPK jelaskan soal Ketidakhadiran Lili Pintauli dalam Sidang Etik

👤Mediaindonesia 🕔Rabu 06 Juli 2022, 14:20 WIB
Dewas KPK juga telah mengonfirmasi ketidakhadiran Lili sebagaimana surat yang telah diterima dari pimpinan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya