Senin 09 Mei 2022, 14:14 WIB

Masih Belum Dapat Penomoran, UU TPKS Mandek di Sekretariat Negara

Dinda shabrina | Politik dan Hukum
Masih Belum Dapat Penomoran, UU TPKS Mandek di Sekretariat Negara

ANTARA FOTO/Galih Pradipta
Ketua Panja RUU TPKS Willy Aditya (kedua kiri) menyerahkan laporan pengesahan RUU TPKS kepada Ketua DPR Puan Maharani.

 

TIGA hari lagi, tepat di tanggal 12 Mei satu bulan sudah DPR menyetujui Undang-Undang Tindak Pidana Kekerasan Seksual sebagai undang-undang. Untuk bisa digunakan, UU ini harus ditandatangani terlebih dahulu oleh Presiden serta mendapatkan penomoran. Namun hingga hari ini UU tersebut masih mandek di Sekretariat Negara.

Deputi Bidang Perlindungan Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA), Nahar mengatakan pihaknya telah melakukan pengecekan terkait penomoran itu ke Sekretariat Negara. Namun sampai hari ini belum ada perkembangan apapun.

“Masih di sana, di Sesneg. Penomorannya masih di sana. Sebelum lebaran dan kemarin sudah dicek, masih belum keluar dari sana,” kata Nahar kepada Media Indonesia, Senin (9/5).

Baca juga: ASN WFH, Kemenpan Rebiro Minta Pelayanan Publik Dilakukan Digital

Nahar berharap tidak ada kendala atau masalah terkait penomoran ini. Dia menambahkan penomoran ini hanya menunggu waktu saja.

“Ini cuma soal waktu saja. Kita tunggu saja. Nanti siapa yang tahu duluan, misal saja yang tahu perkembangannya, pasti saya infokan,” imbuh Nahar.

Sementara itu, Komisioner Komnas Perempuan, Siti Aminah Tardi mengatakan jika sampai tanggal 12 Mei masih belum ditandatangani Presiden, maka dengan sendirinya UU TPKS sah dan berlaku sebagai undang-undang.

“Ada waktu dalam 30 hari Presiden menandatangani untuk pengesahan. Jika tidak ditandatangani pun dengan sendirinya sudah sah,” ujar Aminah. (OL-4)

Baca Juga

MI/Duta

Ketua MPR: Sudah Saatnya Sistem Demokrasi Indonesia Dikaji Ulang

👤Mediaindonesia 🕔Jumat 20 Mei 2022, 19:09 WIB
Politik harus mengemban substansi politiknya dalam rangka menghadirkan berbagai kebijakan yang andal demi memenuhi visi dan misi...
MI/mohamad irfan

Presiden terima Majelis Rakyat Papua dan Papua Barat di Istana Bogor

👤Mediaindonesia 🕔Jumat 20 Mei 2022, 18:32 WIB
Bupati Jayapura Mathius Awoitauw yang mewakili rombongan dalam keterangannya mengatakan pihaknya mengapresiasi pertemuan dengan Presiden...
Dok. Puspenkum Kejagung

Eksekusi Skandal Jiwasraya, Jaksa Sita Seluruh Aera Tambang Batubara Milik Heru Hidayat

👤Tri Subarkah 🕔Jumat 20 Mei 2022, 18:06 WIB
Penyitaan itu dilakukan pada Rabu (18/5) dalam rangka menutup uang pengganti berdasarkan putusan Mahkamah Agung sebesar Rp10,728 triliun...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya