Jumat 25 Maret 2022, 10:21 WIB

Tersangka Pelanggaran HAM Berat Paniai Segera Diumumkan

Tri Subarkah | Politik dan Hukum
Tersangka Pelanggaran HAM Berat Paniai Segera Diumumkan

Ist
Kejaksaan Agung RI

 

SETELAH hampir empat bulan melakukan penyidikan, Kejaksaan Agung segera menetapkan tersangka dalam dugaan pelanggaran hak asasi manusia (HAM) yang berat pada Peristiwa Paniai 2014. Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung Ketut Sumedana menyebut sudah ada 61 orang yang diperiksa dalam penyidikan tersebut.

Dari angka itu, sebanyak enam orang merupakan ahli yang terdiri dari ahli forensik pengambil visum korban dari RSUD Paniai, ahli balistik pengujian senjata api, ahli hukum humaniter, ahli HAM yang berat, ahli legal forensik, dan ahli hukum militer.

Sementara itu, 55 orang lainnya adalah saksi dari unsur sipil, TNI, kepolisian, dan tim investigasi bentukan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan. Saksi dari unsur TNI menjadi yang paling banyak diperiksa, yakni 24 orang. Adapun unsur sipil dan Polri masing-masing delapan dan 17 saksi.

"Berdasarkan hasil ekspose yang telah dilakukan pada minggu ini, tim jaksa penyidik pada Direktorat Pelanggaran HAM Berat pada Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus (JAM-Pidsus) Kejagung akan segera menentukan tersangka pada awal bulan April 2022," kata Ketut melalui keterangan tertulis, Jumat (25/3).

Penyidikan Peristiwa Paniai dimulai sejak 3 Desember 2021 melalui Surat Perintah Penyidikan Jaksa Agung Nomor: Prin-79/A/JA/12/2021 dan Nomor: Prin-19/A/Fh.1/03/2022 tertanggal 4 Februari 2022.

Fokus penyidikan yang dilakukan jajaran Direktorat Pelanggaran HAM Berat adalah Pasal 42 Ayat (1) jo Pasal 9 huruf a, h, jo Pasal 7 huruf b Undang-Undang Nomor 26 Tahun 2000 tentang Pengadilan HAM. Beleid tersebut menjelaskan tentang pertanggungjawaban komando.

Sebelumnya, JAM-Pidsus Febrie Ardiansyah meminta semua pihak untuk proses penegakan hukum yang dilakukan Kejagung. Itu disampaikannya saat rapat dengar pendapat bersama Komisi III DPR RI, Rabu (23/3). "Tim penyidik kasus ham berat paniai masih terus bekerja dalam membuat terang kasus Paniai. Kami minta semua pihak untuk dapat mendukung kejaksaan dalam penegakan hukum yang berkualitas dan humanis," pungkasnya. (OL-12)

Baca Juga

ANTARA/M Risyal Hidayat

Kuasa Hukum Tuding Irjen Sambo Gasak Rp200 Juta dari Rekening Brigadir J

👤Siti Yona Hukmana 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 11:03 WIB
"Ada empat rekening almarhum yang dikuasai atau dicuri oleh terduga Ferdy Sambo dan kawan-kawan. Dari rekening almarhum mengalir ke...
ANTARA/Setpres/Agus Suparto

Ini Daftar Baju Adat yang Pernah Dikenakan Jokowi pada Peringatan HUT RI

👤Andhika Prasetyo 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 10:39 WIB
Menurut Jokowi, Indonesia memiliki kekayaan adat budaya yang sangat tinggi, termasuk dalam hal pakaian...
ANTARA FOTO/Pool/Sigid Kurniawan

4.500 Peserta Hadiri Upacara HUT ke-77 RI di Istana Negara

👤Indriyani Astuti 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 09:40 WIB
Pertama kalinya sejak pandemi Covid-19 warga dapat hadir untuk menyaksikan langsung upacara kemerdekaan di Istana...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya