Senin 21 Februari 2022, 00:50 WIB

DPR Pastikan Komisioner KPU dan Bawaslu Berintegritas

Cahya Mulyana | Politik dan Hukum
DPR Pastikan Komisioner KPU dan Bawaslu Berintegritas

DOK MI
Ilustrasi

 

SEJUMLAH nama calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) yang sempat beredar disebut DPR berbeda dengan yang akhirnya terpilih. Dengan demikian secara independensi dan mutu dapat dipastikan sesuai dengan kebijakan pemilu 2024.

"(Nama-nama yang beredar) enggak sama dong, dari segi urutan kan enggak sama antara yang beredar dengan yang diputuskan. Lalu nama-nama yang beredar kalau enggak salah kan dua kali, dan yang kedua berbeda dengan yang pertama," papar Anggota Komisi II DPR RI MF Nurhuda Y kepada Media Indonesia, Minggu (20/2).

Menurut dia keterpilihan pengisi jabatan pompa KPU dan Bawaslu RI 2022-2027 murni ditentukan oleh Komisi II. Dengan demikian tidak benar nama-nama yang terpilih sudah ditentukan jauh-jauh. "Pemilihan kan dilakukan setelah semua dilakukan fit and proper test, lalu ditetapkan dalam rapat paripurna," katanya.

Dengan demi, Huda meenyakini anggota KPU dan Bawaslu RI berintegritas dan pantas mengemban amanah untuk menggelar pemilu dan pillkada serentak 2024. "Soal integritas, publik sudah menilai kok dengan fit and proper test dilakukan secara terbuka sehingga terlihat orang-orang yang terpilih memang laik menjadi anggota KPU dan Bawaslu atau trusted worthy persons," ujarnya.

Menurut Huda, publik tidak perlu khawatir pemilu 2024 akan tergadaikan oleh kepentingan politik. Masyarakat bisa memantau langsung saat tahapan pemilu sudah mulai. "Siapa saja bisa pantau. Jika ada yang tidak berintegritas kerjanya, publik bisa tegur mereka karena mereka yang terpilih," jelasnya.

Ia juga mengajak masyarakat supaya memantau kinerja komisioner KPU dan Bawaslu RI setelah mereka dilantik dan memulai tugas-tugas kepemiluan. "Setiap orang pasti punya kelebihan dan kekurangan. Tapi orang-orang yang terpilih ini dipandang yang sesuai dengan harapan itu," pungkasnya. (OL-15)

Baca Juga

MI/M Irfan

Bawaslu RI: Gotong Royong Demi Cegah Kecurangan Pemilu 2024

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Sabtu 26 November 2022, 23:04 WIB
BADAN Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI menyatakan bahwa pihaknya mengedepankan gotong-royong demi mencegah adanya kecurangan pada...
Antara

Update 26 November 2022: Kasus Covid-19 di Indonesia Bertambah 5.469 Orang

👤MGN 🕔Sabtu 26 November 2022, 20:45 WIB
Sedangkan untuk kasus aktif berkurang 932 orang sehingga menjadi 62.120...
Dok. Pribadi

Hadir di Nusantara Bersatu, Sedulur Jokowi Tegaskan Tegak Lurus Kawal Pemerintahan Joko Widodo

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 26 November 2022, 19:45 WIB
"Kami tegak lurus ikut jokowi dan akan selalu mendukung pemerintahan Jokowi untuk semua program yang bermanfaat untuk...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya