Senin 22 November 2021, 16:09 WIB

Aset BLBI Senilai Rp492 Miliar akan Diserahkan ke 7 Kementerian dan Pemkot Bogor

Dhika kusuma winata | Politik dan Hukum
Aset BLBI Senilai Rp492 Miliar akan Diserahkan ke 7 Kementerian dan Pemkot Bogor

ANTARA FOTO/Fauzan
Plang penyitaan aset tanah milik obligor BLBI

 

SATUAN Tugas Penanganan Hak Tagih Negara Dana Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (Satgas BLBI) akan menyerahkan aset eks BLBI senilai Rp492 miliar kepada tujuh kementerian/lembaga dan Pemkot Bogor. Aset-aset tersebut akan diserahkan melalui mekanisme Penetapan Status Penggunaan (PSP).

"Seluruh aset yang bernilai Rp492 miliar ini akan digunakan untuk menunjang tugas dan fungsi kementerian/lembaga maupun pemerintah daerah dalam melaksanakan pelayanan publik kepada masyarakat," kata Menko Polhukam Mahfud MD yang juga Ketua Pengarah Satgas BLBI dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (22/11).

Menurut Mahfud, penyerahan aset tersebut akan dilakukan pada Kamis, 25 November 2021. Selain Pemkot Bogor, tujuh kementerian/lembaga yang mendapat aset eks BLBI itu Kemenko Kemaritiman dan Investasi, Kementerian Pertahanan, Kementerian Keuangan, kementerian Agama, Polri, Badan Pusat Statistik, dan Badan Narkotika Nasional.

Baca juga: Sjamsul Nursalim Cicil Utang BLBI, Bayar Rp150 Miliar dari total Rp517,7 Miliar

Mahfud mengatakan salah satu aset seluas seluas 1.107 meter persegi di Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat, yang akan diserahkan ke Kemenag bakal digunakan untuk program pendidikan kader ulama internasional Masjid Istiqlal. Program itu diselenggarakan Badan Pengelola Masjid Istiqlal.

"Dalam penggunaannya oleh Kementerian Agama aset ini bermanfaat untuk kemaslahatan umat dan dalam rangka meningkatkan sumber daya umat," imbuhnya.

Mahfud menambahkan pemerintah juga akan segera melelang aset properti seluas 37.779 meter persegi yang telah dikuasai secara fisik oleh Satgas. Aset tersebut berada di Blok B Taman Buah Perumahan Lippo Karawaci Tangerang.

"Satgas BLBI akan terus melakukan upaya untuk memastikan pengembalian hak tagih negara dan memastikan bahwa aset BLBI dikelola dengan sebaik-baiknya oleh pemerintah," ujarnya.(OL-4)

Baca Juga

ANTARA

Jokowi Minta Jangan Tergesa-Gesa Bahas Capres 2024

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 19:54 WIB
Jokowi menyinggung berbagai persoalan bangsa, antara lain, persoalan energi, pangan, dan situasi geopolitik...
MI/Vicky Gustiawan

24 Tahun Demokrasi, Aspek Politik, Sosial dan Hukum Masih Lemah

👤Indriyani Astuti 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 19:17 WIB
Meskipun telah menghasilkan kemajuan di bidang politik dan ekonomi, tetapi masih ada kekurangan yakni krisis politik, hukum, dan...
ANTARA FOTO/Novrian Arbi

DPR Mengkaji Penggunaan Kotak Suara dari Kardus

👤┬áSri Utami 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 17:30 WIB
Wakil Ketua DPR  RI Sufmi Dasco Ahmad meminta Komisi II DPR untuk mengkajinya karena terkait dengan kerentanan kerusakan kertas...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya