Rabu 06 Oktober 2021, 15:56 WIB

Belum Ada Kepastian Jadwal, Tahapan Pemilu 2024 Terganggu

Indriyani Astuti | Politik dan Hukum
Belum Ada Kepastian Jadwal, Tahapan Pemilu 2024 Terganggu

Medcom.id
Ilustrasi

 

HARI pemungutan suara pemilihan umum (pemilu) 2024, belum juga diputuskan. Lambatnya keputusan tersebut akan berdampak pada terganggunya persiapan tahapan pemilu lainnya.

Peneliti dari Konstitusi dan Demokrasi (Kode) Inisiatif M. Ihsan Maulana menjelaskan tahapan konkrit yang diatur dalam Undang-Undang No.7/2017 tentang Pemilu akan terganggu.

"Misalnya soal perhitungan dan pemungutan suara sangat eksplisit disebutkan dalam UU, 20 bulan sebelum hari pemungutan suara, tahapan harus sudah berjalan. Semakin mundur, akan berdampak pada tahapan-tahapan lain," ujar Ihsan.

Senada, Peneliti dari Sindikasi Pemilu dan Demokrasi (SPD) Rizqan Kariema Mustafa dan Peneliti Network for Indonesian Democratic Society atau Netfid Indonesia Muh Afit Khomsani mengatakan pemilu 2024 rumit dan kompleks.

Menurut Rizqan, akan sulit bagi penyelenggara pemilu jika tahapan dan jadwal berhimpitan. "Dalam waktu yang singkat dengan tahapan yang banyak. Itu menguras energi dan tenaga penyelenggara pemilu. Begitu banyak tugas yang harus dilaksanakan," ujar dia.

Ia menyebut pengalaman gelaran pemilu 2019, ada banyak penyelenggara pemilu khususnya panitia ad hoc yang meninggal atau sakit karena kelelahan. Hal itu, ujar dia, perlu diantisipasi.

Seperti diberitakan, pemerintah dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) punya usulan berbeda terkait hari pemungutan suara pemilu 2024. KPU RI mengusulkan 21 Februari 2024, sedangkan pemerintah 15 Mei 2024. (OL-4)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Aditya Pradana P

KPU Beberkan Konsekuensi Kehadiran DOB Papua Untuk Pemilu 2024

👤Yakub Pryatama 🕔Kamis 30 Juni 2022, 09:19 WIB
Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari mengemukakan DOB Papua nantinya akan berpengaruh pada alokasi kursi di DPR...
ANTARA/M Agung Rajasa

Soal Ganja untuk Medis, Indonesia Halal Watch Tegaskan Berpatokan ke UU No 35 Tahun 2009

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 30 Juni 2022, 08:51 WIB
"UU No 35 Tahun 2009 dengan jelas menyatakan bahwa ganja boleh dipergunakan untuk kepentingan  kesehatan, penelitian, pendidkan,...
Medcom

Klaim Didukung Rakyat Tanda Bakal Calon Presiden Miskin Prestasi 

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 30 Juni 2022, 07:41 WIB
Deklarasi terhadap capres menunjukan gagasan dangkal yang disuguhkan kepada rakyat. Capres tidak perlu repot menebar citra mendapatkan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya