Selasa 05 Oktober 2021, 20:09 WIB

Densus 88: Kemenangan Taliban Berdampak pada Indonesia

Hilda Julaika | Politik dan Hukum
Densus 88: Kemenangan Taliban Berdampak pada Indonesia

AFP
Dengan senjata lengkap, pasukan Taliban berjaga di sekitar wilayah Kabul, Afghanistan.

 

DENSUS 88 Antiteror Polri menilai kemenangan kelompok militan Taliban di Afghanistan mempunyai dampak terhadap Indonesia. Sekalipun, tidak ada keterkaitan langsung antara Taliban dan jaringan teroris di Indonesia.

"Euforia kemenangan Taliban ini membawa dampak terhadap keberadaan kelompok teror di Indonesia. Paling tidak, dijadikan sebagai sarana propaganda mereka," ungkap Direktur Pencegahan Densus 88 Kombes M Rosidi dalam diskusi virtual, Selasa (5/10).

Baca juga: Jenderal Papan Atas Akui AS Kalah Perang di Afghanistan

Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa kemenangan Taliban membuat narasi dari jaringan teroris dengan dalil agama semakin gencar. Tepatnya, setelah kelompok Taliban berhasil mengambil alih pemerintahan Afghanistan.

Narasi tersebut dikaitkan dengan perjuangan Taliban untuk memperoleh kemenangan dari Amerika Serikat (AS) selama bertahun-tahun. Salah satunya, terungkap dari hasil interogasi yang dituangkan dalam berita acara pemeriksaan (BAP) seorang pimpinan Jamaah Islamiyah (JI), yang tertangkap beberapa waktu lalu.

Baca juga: Ini Efek Bom 35 Kg yang Ditemukan di Kaki Gunung Ciremai

"Dalam interogasi terhadap salah satu pimpinan JI, dia dalam ceramahnya menyampaikan kepada jamaah untuk terus itiqomah sebagaimana yang dilakukan Taliban," tutur Rosidi.

Kemenangan Taliban dikatakannya menjadi contoh gerakan untuk diikuti kelompok teroris lain. Upaya penangkapan sebagai pencegahan aksi teror, pun gencar dilakukan pihak kepolisian sepanjang tahun ini. Hingga Agustus 2021, sebanyak 335 orang ditangkap terkait dugaan terorisme.(OL-11)

Baca Juga

Ist/DPR

DPR Dorong Pengembangan Literasi Berbasis Inklusi Sosial

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 07 Desember 2021, 08:14 WIB
Perpustakaan dapat mengambil peran bukan hanya sebagai pusat informasi, namun dapat bertransformasi menjadi tempat dalam pengembangan diri...
dok.humas

Kakorlantas Ingatkan Anggota Utamakan Pencegahan Dalam Menjalankan Tupoksi

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 07 Desember 2021, 08:04 WIB
POLISI harus bisa mengutamakan tindakan pencegahan seperti yang tertera dalam Undang-Undang (UU) tentang...
Ist/DPR

Anggota DPR Harap Tak Ada Impor Bahan Baku di PT CAP

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 07 Desember 2021, 07:38 WIB
Anggota Komisi VII DPR berharap, ke depan tidak ada lagi impor bahan baku yang dilakukan oleh PT Chandra Asri Petrochemical...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya