Selasa 13 Juli 2021, 15:31 WIB

TNI Evakuasi Dua Jenazah Teroris MIT Poso

Cahya Mulyana | Politik dan Hukum
TNI Evakuasi Dua Jenazah Teroris MIT Poso

Antara
Personel TNI bersiap mengikuti upacara penerimaan pasukan di Bandara Mutiara Sis Aljufri Palu, Sulawesi Tengah.

 

PROSES evakuasi dua teroris kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT) Poso berjalan baik. Sebab, kondisi keamanan di wilayah Pegunungan Tokasa, Kecamatan Parigi Selatan, Kabupaten Parimo, cukup terkendali. 

Adapun kedua jenazah akan dibawa keluar dari lokasi menuju RS Bhayangkara, Sulawesi Tengah. Teroris bernama Rukli dan Ahmad Panjang ditembak mati prajurit TNI Komando Operasi Gabungan Khusus (Koopsgabsus) Tricakti di Pegunungan Tokasa, pada Minggu (11/7).

Dua hari kemudian, Wakil Komandan Satgassus Koopsgabsus Tricakti Letkol Inf Romel J. Wardhana memimpin langsung proses evakuasi dengan menggunakan Helikopter Caracal TNI AU. Dia melihat langsung pengangkatan dua jenazah dari jurang pada kedalaman lebih dari 50 meter.

Baca juga: Ini Kronologi Koopsgabssus Tembak Mati Dua Teroris MIT Poso

Menurut Pilot Letkol PNB Imanuel Simarmata, sempitnya medan dan lebatnya hutan menyulitkan manuver Heli Caracal untuk mencari posisi aman. "Faktor alam bervariasi dengan lembah yang dikelilingi vegetasi pohon rapat. Lebatnya hutan dan lembah yang cukup terjal, serta tebing sangat curam di sepanjang rute evakuasi, turut menghambat proses evakuasi,” ujar Imanuel dalam keterangan resmi, Selasa (13/7).

Lebih lanjut, dia mengatakan upaya hoist crane dan basket stretcher tengah diakukan untuk menentukan titik final approach, sehingga dapat mempercepat evakuasi. 

Baca juga: Jangan Melihat Poso sebagai Ladang Operasi Keamanan

“Jajaran Koopsgabsus Tricakti bersama prajurit TNI-Polri di lokasi hingga Selasa pagi. Kami terus berupaya untuk mengevakuasi dua jenazah teroris MIT dari TKP. Termasuk dibantu masyarakat yang tinggal di sekitar Pegunungan Tokasa, yang secara sukarela membantu proses evakuasi jenazah,” jelas Imanuel.

“Mudah-mudahan hari ini kedua jenazah tersebut dapat dievakuasi secara tuntas. Bisa segera diberangkatkan ke RS Bhayangkara Polda Sulteng untuk proses identifikasi dan autopsi,” imbuhnya.(OL-11)

 

Baca Juga

MI/Susanto

Situs Badan Siber dan Sandi Negara Diretas, Diduga Aksi Balas Dendam

👤Hilda Julaika 🕔Senin 25 Oktober 2021, 20:11 WIB
Peretasan itu dilakukan untuk membalas pelaku yang diduga berasal dari Indonesia yang meretas website negara...
ANTARA FOTO/ Reno Esnir

Walikota Cimahi Mengaku Sering Diancam Penyidik KPK

👤Tri subarkah 🕔Senin 25 Oktober 2021, 19:08 WIB
Berdasarkan kesaksian Ajay, ia pertama kali mengenal Robin melalui pengusaha bernama...
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

NasDem: Menteri Nyapres Bakal Ganggu Kinerja Kabinet

👤Cahya Mulyana 🕔Senin 25 Oktober 2021, 18:50 WIB
Terganggunya kinerja kabinet karena menteri yang mencalonkan sebagai capres bakal menghabiskan waktunya untuk berkampanye dan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Bongkar Transaksi Narkoba Rp120 Triliun

Para anggota sindikat narkoba juga kerap memanfaatkan warga yang polos untuk membantu transaksi dari dalam ke luar negeri dan sebaliknya.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya