Kamis 01 Juli 2021, 14:53 WIB

Pengesahan RUU PDP Terancam Gagal Dimasa Sidang Ini

Anggitondi Martaon | Politik dan Hukum
Pengesahan RUU PDP Terancam Gagal Dimasa Sidang Ini

Ilustrasi
RUU Perlindungan Data Pribadi

 

RANCANGAN Undang-Undang (RUU) Perlindungan Data Pribadi (PDP) terancam gagal disahkan pada masa sidang ini. Sebab, Komisi I dan pemerintah belum mencapai kata sepakat terkait lembaga pengawas penggunaan data pribadi.

"Kalau dalam masa sidang ini kelihatannya tidak akan selesai," kata Ketua Panitia Kerja (Panja) RUU PDP dari Komisi I Abdul Kharis Almasyhari dalam konferensi pers di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (1/7).

Wakil Ketua Komisi I DPR itu menjelaskan pembentukan lembaga ini dinilai sebagai salah satu kunci RUU PDP. Sebab, banyak daftar inventaris masalah (DIM) yang berkaitan dengan pembentukan lembaga tersebut. Total DIM RUU PDP sebanyak 371. DIM berkaitan pembentukan lembaga pengawas berjumlah 228.

"Mayoritas (228 DIM) berkaitan dengan lembaga pengawas pelaksanaan UU PDP," ungkap dia.

Baca juga : DPR Minta Semua Pihak Patuhi PPKM Darurat

Dia menyebut jika tidak ada perbedaan pandangan, pembahasan RUU PDP bisa diselesaikan dalam waktu sepekan. Sebab, mayoritas DIM berkaitan dengan lembaga pengawas tersebut.

"Awalnya kami optimis akhir masa sidang ini selesai (RUU PDP disahkan). Tapi karena deadlock ya tentunya kita agak kesulitan," sebut dia.

Eks Ketua Komisi I itu menyampaikan pihaknya menunggu sikap pemerintah terkait pembentukan lembaga tersebut. Diharapkan, pemerintah satu pandangan dengan Komisi I terkait pembentukan lembaga pengawas tersebut.

"Kita menunggu, siapa tau ada niat baik dari pemerintah untuk melanjutkan ya kita akan menunggu saja sifatnya," ujar dia. (OL-2)

 

Baca Juga

DOK MI.

Akhiri Spekulasi, Raker DPR dan Pemerintah Bahas Jadwal Pemilu Besok

👤Indriyani Astuti 🕔Minggu 23 Januari 2022, 14:35 WIB
Komisi II DPR akan melakukan rapat kerja (raker) dengan KPU, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Bawaslu, dan DKPP untuk membahas jadwal...
dok.DPR-RI

Partai Golkar Solid Usung Airlangga Capres di 2024

👤Thomas Harming Suwarta 🕔Minggu 23 Januari 2022, 12:20 WIB
KETUA DPP Partai Golkar, Lamhot Sinaga menegaskan, pengurus Golkar baik pusat dan daerah seluruh Indonesia solid mendukung Airlangga...
dok.Ant

Pencabutan Perizinan Pertambangan, Perkebunan dan Kehutanan harus Transparan

👤Denny Susanto 🕔Minggu 23 Januari 2022, 09:35 WIB
KEBIJAKAN pemerintah mencabut ribuan izin sektor pertambangan, perkebunan dan kehutanan dengan alasan menata kelola sumber daya alam...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya