Selasa 13 April 2021, 19:59 WIB

Mahfud Ajak KPK Gabung di SPPTI

Cahya Mulyana | Politik dan Hukum
Mahfud Ajak KPK Gabung di SPPTI

DOK MI.
Komisi Pemberantasan Korupsi.

 

MENTERI Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD menekankan pentingnya Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bekerja sama dalam Sistem Database Penanganan Perkara Terpadu Berbasis Teknologi Informasi (SPPTI). Sistem ini sudah berjalan untuk kejaksaan, kepolisian, dan Mahkamah Agung. Ini berguna untuk mencegah penyalahgunaan kekuasaan dan kongkalikong penanganan perkara.

"Saya berpikir kerja sama SPPTI ini agar masyarakat tahu sudah sampai mana perkara, sehingga supervisi KPK menjadi lebih mudah. KPK punya wewenang mensupervisi perkara yang tidak lancar di kejaksaan dan kepolisian, KPK lebih lancar jika bergabung," ujar Mahfud saat memberikan arahan pada Peluncuran Strategi Nasional Pencegahan Korupsi Tahun 2021-2022 yang dilakukan secara daring di Jakarta, (13/4).

Mahfud mengatakan terkait Stranas Pencegahan Korupsi, KPK perlu melihat SPPTI yang saat ini sudah tergabung lebih dari 212 kabupaten/kota dalam database penanganan perkara. Meski saat ini baru menangani tindak pidana umum, jaringan ini dirancang agar dapat menangani juga perkara korupsi, narkoba, kejahatan anak, dan lainnya.

Ia juga mengapresiasi KPK yang melakukan pencegahan, penyuluhan hukum, dam bimbingan teknis dalam pengelolaan anggaran. "Pencegahan dan penindakan menjadi satu kesatuan amanat UU yang harus dilakukan KPK. Saya terkesan tahun kemarin laporan tahunan KPK yang berhasil menyelamatkan aset dan kekayaan negara dari korupsi sebesar lebih dari Rp570 triliun," paparnya.

Dalam kesempatan itu, Mahfud juga mengapresiasi kiprah KPK selama ini yang bisa berperan penting dalam pemberantasan korupsi. "Adalah tugas sejarah sejak memasuki era reformasi, negeri ini punya semangat menumpas korupsi, sehingga dengan semangat itulah KPK dibentuk.” (OL-14)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Densus 88 Ungkap Munarman Sudah Dikunjungi saat Lebaran

👤Hilda Julaika 🕔Senin 17 Mei 2021, 18:42 WIB
Dia ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan terorisme. Sebelumnya, beberapa pekan setelah penangkapan, keluarga ataupun pengacara...
Dok MI

Dewas KPK Sependapat dengan Jokowi soal Hasil TWK

👤Ant 🕔Senin 17 Mei 2021, 18:31 WIB
Sebelumnya, Presiden Jokowi menegaskan bahwa hasil TWK tidak dapat menjadi dasar pemberhentian 75 orang pegawai...
Ist

Menkumham Tekankan Peningkatan Kinerja dan Terapkan Prokes

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 17 Mei 2021, 18:16 WIB
Yasonna berharap Direktorat Jenderal Pemasyarakatan meningkatkan pengawasan dan respon cepat jika terdeteksi kasus Covid-19 di...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Optimalkan Potensi Zakat, Ekonomi Bergerak

Berdasarkan data outlook zakat Indonesia pada 2021 yang dipublikasikan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), potensi zakat Indonesia mencapai Rp327,6 triliun.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya