Senin 12 April 2021, 13:15 WIB

Dugaan Korupsi Mandala Krida, KPK Periksa 10 Saksi

Cahya Mulyana | Politik dan Hukum
Dugaan Korupsi Mandala Krida, KPK Periksa 10 Saksi

MI/SUSANTO
Pelaksana tugas juru bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Ali Fikri

 

KOMISI Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemeriksaan terhadap 10 orang saksi. Kesemuanya akan diminta keterangan menyangkut dugaan tindak pidana korupsi pembangunan Stadion Mandala Krida APBD Tahun Anggaran 2016-2017 di Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

"Pemeriksaan dilakukan di BPKP (Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (DIY)," ujar pelaksana tugas juru bicara KPK Ali Fikri, Senin (12/4).

Menurut Ali, kesepuluh saksi berstatus sebagai karyawan swasta. Mereka meliputi Yulika Anggraini, Swen Spengler, Arief Azazie Zain, Eka Yulianta, Shaktyawan Yudha Prasmanto Ardhi, Prambudi Setiono, Hardiman Aris, Soeharto, Kadarmanta Baskara Aji dan Ingga Herlin.

Sebelumnya, KPK juga menjadwalkan pemeriksaan terhadap tujuh saksi, yakni mantan Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Dikpora) DIY yang saat ini menjabat Sekretaris Daerah (Sekda) DIY Kadarmanta Baskara Aji, Komisaris PT Bimapatria Pradanaraya Bima Setyawan, dan Kepala Studio PT Asrigraphi Eka Yulianta.

Kemudian, Direktur Utama PT Cipta Baja Trimatra Hendrik Gosal, Tenaga Ahli PT Werder Indonesia dan PT Eka Madri Sentosa Swen Spengler, karyawan PT Arsigraphi Shaktyawan Yudha Prasmanto Ardhi, serta wiraswasta CV Sukses Mandiri Teknik Erwin Alexander.

Dalam penyidikan kasus tersebut, KPK telah melakukan penggeledahan di dua lokasi yakni Kantor PT DMI cabang Yogyakarta yang berlokasi di Kelurahan Maguwoharjo dan Kantor PT Arsigraphi Jl Nogotirto, Sleman pada Kamis (18/2).

Sebelumnya, pada Rabu (17/2), KPK menggeledah dua lokasi berbeda yakni Kantor Badan Pemuda dan Olahraga DIY dan Kantor Dinas Pendidikan dan Olahraga DIY. Menurut Ali pengumuman penetapan tersangka dalam kasus ini akan dilakukan bersamaan dengan penangkapan atau penahanan para tersangka. "Untuk itu pada waktunya nanti akan kami sampaikan siapa saja yang telah ditetapkan sebagai tersangka," ujar Ali. (P-2)

Baca Juga

Antara

Densus 88 Tangkap Buronan Terduga Teroris di Sukabumi

👤Antara 🕔Kamis 06 Mei 2021, 22:11 WIB
Terduga teroris YI merupakan warga Pasar Minggu, Jakarta Selatan, ditangkap di Desa Cimerang, Kecamatan Purabaya, Kabupaten...
MI/FURQON

Wamenkum dan HAM: Pemerintah Terbuka Bahas RKUHP

👤Cahya Mulyana 🕔Kamis 06 Mei 2021, 21:30 WIB
Sosialisasi tengah digelar pemerintah ke sejumlah pihak untuk mendapatkan masukan sebelum RUU KUHP dibahas di...
ANTARA

Pemerintah Harus Buka Informasi Pembahasan Revisi KUHP

👤Cahya Mulyana 🕔Kamis 06 Mei 2021, 21:15 WIB
Pemerintah dan DPR diminta menghadirkan kebijakan yang berbasis bukti (evidence based policy) dan melibatkan para pihak yang akan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Citarum Mulai Harum

  Sudah tiga tahun Sungai Citarum dikeroyok. Sampah mulai berkurang, air terlihat lebih bersih.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya