Kamis 01 April 2021, 02:25 WIB

Daftar Serangan Teroris ke Kantor Polisi

Widhoroso | Politik dan Hukum
Daftar Serangan Teroris ke Kantor Polisi

MI/ANDRI WIDIYANTO
Polisi melakukan penjagaan ketat di Mabes Polri di Jalan Trunojoyo seusai terkait aksi teror, Rabu (31/3).

 

SERANGAN yang terjadi Mabes Polri, Jakarta, Rabu (31/3) menjadi aksi terorisme kesekian kali yang menyasar kantor polisi sebagai sasaran. Dalam serangan di Mabes Polri, pelaku, Zakiah Aini, warga Ciracas, Jakarta Timur, tewas dalam baku tembak dengan petugas.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan, Zakiah, perempuan lajang kelahiran 1995, merupakan lone wolf yang berideologi Islamic State (IS). Hal itu ditunjukkan dengan unggahan pelaku di media sosial tentang kelompok teroris internasional tersebut.

Sebelumnya, serangan teroris yang menjadikan kantor polisi sebagai sasaran, telah beberapa kali terjadi. Pada 22 September 2010 dini hari, Kantor Polsek Hamparan Perak, Sumatera Utara, diserang sekelompok menggunakan senjata api.

Akibat serangan ini, tiga polisi gugur. Diduga serangan ini dilakukan kelompok teroris yang pernah berlatih di Aceh.

Pada 5 Juli 2016, serangan bom bunuh diri terjadi Polresta Surakarta, Jawa Tengah. Pelaku diduga merupakan anggota jaringan Jamaah Anshar Daulah Khilafah Nusantara (JAKDN). Dalam serangan ini, satu polisi terluka sedangkan pelaku tewas.

Serangan teroris juga pernah terjadi di kantor Polrestabes Surabaya, Jawa Timur pada 14 Mei 2018. Dalam serangan bom bunuh diri tersebut, empat pelaku tewas, 4 polisi, dan 6 warga terluka.

Hanya berselang dua hari setelah serangan di Surabaya, aksi terorisme terjadi di kantor Polda Riau, Pekanbaru. Serangan dilakukan lima orang yang diduga merupakan anggota Negara Islam Indonesia (NII). Dalam kejadian ini, empat pelaku tewas, satu polisi gugur, dan dua lainnya mengalami luka.

Pada 3 Juni 2019, aksi bom bunuh diri terjadi di Pos Polisi Kartasura, Solo, Jawa Tengah. Serangan dilakukan RA, 22, yang diduga terpapar paha IS.

Di penghujung 2019, tepatnya pada 13 November 2019, serangan bom bunuh diri terjadi di kantor Polrestabes Medan, Sumatra Utara. Serangan itu membuat empat polisi dan dua warga terluka. Sedangkan pelaku, RMN, 24, warga Medan, tewas. (OL-15)

Baca Juga

DOK DPR RI

Wakil Ketua DPR: Kaji Mendalam Rencana Kenaikan PPN

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 12 Mei 2021, 23:27 WIB
Muhaimin, dalam siaran pers di Jakarta, Rabu (12/5/2021), menyatakan bahwa pihaknya tidak menginginkan, jika kenaikan PPN ini resmi...
Antaranews.com

Dua Pengedar Uang Palsu di Aceh Ditangkap Polisi di Masjid

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 12 Mei 2021, 22:03 WIB
Masing-masing bernama Iwan TA (43) warga Desa Melayu Kota Piring, Kecamatan Tanjung Pinang Timur, Kota Tanjung Pinang, Provinsi Kepulauan...
Antara

Pengecekan Pendatang Luar Negeri di Bandara Soetta Diperketat

👤Rahmatul Fajri 🕔Rabu 12 Mei 2021, 19:25 WIB
Listyo melihat masih ada celah saat kedatangan warga negara asing (WNA) maupun warga negara Indonesia (WNI) dari luar...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Toleransi tak Pernah Putus di Adonara

Bencana membuat masyarakat Adonara semakin rukun. Ramadan lebih mempersatukan mereka.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya