Selasa 30 Maret 2021, 19:37 WIB

Kubu Cikeas Minta Max Sopacua Berhenti Turunkan Citra SBY

Putra Ananda | Politik dan Hukum
Kubu Cikeas Minta Max Sopacua Berhenti Turunkan Citra SBY

Antara/Yulius Satria Wijaya
Kondisi wisma atlet di Bukit Hambalang, Bogor

 

WAKIL Ketua Umum Partai Demokrat Benny K. Harman memperingatkan Demokrat Kubu Moeldoko yakni Max Sopacua untuk tidak terus menerus mengaitkan Demokrat era Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dengan kasus Hambalang. Benny menilai, Max Sopacua bersama dengan Demokrat versi KLB sengaja ingin menjatuhkan citra SBY. 

“Jelas itu fitnah, itu agenda untuk merusak partai, untuk merusak nama baik pak SBY. Saya tahu persis itu. Saya hanya mau ingatkan teman-teman berhentilah mendiskreditkan SBY dalam kasus Hambalang, berhenti mendiskreditkan Ibas di kasus Hambalang, karena saya tahu persis,” tegas Benny di Jakarta, Selasa (30/3). 

Bahkan, politisi senior Partai Demokrat itu mengingatkan semasa menjadi Ketua Komisi III DPR RI, Benny tahu betul sepak terjang Max Sopacua, Jhoni Allen dan Marzuki Alie. Dirinya mengaku tahu betul bagaimana sepak terjang politikus yang saat ini membelot dari kepemimpinan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). 

“Saya selama ini diam. Tapi pada saat kasus itu meledak saya adalah Ketua Komisi III, saya tahu persis, saya tahu siapa-siapa terlibat, saya tahu ada orang yang nama-namanya disebutkan saja untuk membela diri,” ujar Benny. 

Baca juga : Moeldoko Menjawab Cikeas, Siap Pertaruhkan Leher

“Tapi saya ingatkan Max Sopacua berhentilah mendiskreditkan pak SBY dan mas Ibas dalam kasus Hambalang.”

Terkait kasus Hambalang, Benny menjelaskan semasa kepemimpinannya di Komisi III dirinya pernah meminta klarifikasi langsung dari Edhi Baskoro Yudhoyono (Ibas). Menurut Benny, Ibas sama sekali tidak memiliki keterkaitan dengan Hambalang. 

“Saya pernah panggil mas Ibas menanyakan itu, dan setelah kita melakukan klarifikasi sama sekali tidak ada hubungannya mas Ibas dan kasus Hambalang, Mereja mau main drama politik saja," paparnya. 

Secara hukum, kasus Hambalang sudah selesai. Sejumlah mantan kader sudah menjalani hukuman. Nama-nama yang terlibat dalam KLB Sumut seperti Jhoni Allen Marbun, dan Max Sopacua termasuk pernah diperiksa KPK dalam kasus ini, sementara Nazaruddin, yang diduga kuat mendanai penyelenggaraan KLB Sumut, baru saja menyelesaikan masa hukumannya. (OL-7)

Baca Juga

MI/MOH IRFAN

Merasa Terhambat Peroleh Kepastian, Advokat Gugat UU Cipta Kerja

👤Indriyani Astuti 🕔Kamis 27 Januari 2022, 19:20 WIB
Keberadaan UU Cipta Kerja mengubah ketentuan pada Undang-Undang Administrasi Pemerintahan hingga menimbulkan...
Antara

Kemendagri Dorong Pemda Bangun Elektronifikasi Transaksi

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 27 Januari 2022, 18:53 WIB
Tujuan pembentukannya yaitu untuk mendorong inovasi dan integrasi ekonomi keuangan...
Yoseph Pencawan

Komnas HAM Dalami Kasus Kerangkeng di Rumah Bupati Langkat

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Kamis 27 Januari 2022, 18:45 WIB
Komnas HAM mendalami potensi terjadinya pelanggaran HAM. Termasuk dugaan kekerasan serta perlakuan tidak manusiawi yang ditengarai terjadi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya