Kamis 11 Februari 2021, 13:41 WIB

Jokowi Minta Daerah Perbanyak Padat Karya, Lanjutkan Bansos

Dhika Kusuma Winata | Politik dan Hukum
Jokowi Minta Daerah Perbanyak Padat Karya, Lanjutkan Bansos

ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Presiden Joko Widodo

 

PRESIDEN Joko Widodo meminta pemerintah daerah memperbanyak program padat karya di wilayah mereka masing-masing. Program-program padat karya yang menyediakan lapangan kerja di tengah pandemi diharapkan mampu memperkuat daya beli dan meningkatkan konsumsi masyarakat.

"Perbanyak program padat karya, ini urusannya dengan ekonomi. Program padat karya agar bisa memperkuat daya beli masyarakat, meningkatkan konsumsi masyarakat," kata Jokowi saat membuka Musyawarah Nasional VI Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) di Istana Negara, Jakarta, Kamis (11/2).

Baca juga: Presiden Ingatkan Daerah Tingkatkan 3T

Kepala Negara mengingatkan pentingnya pemda membelanjakan anggarannya. Pasalnya, belanja pemerintah saat ini menjadi penggerak ekonomi yang paling diharapkan di tengah pandemi.

"Satu-satunya penggerak perekonomian masyarakat sekarang ini adalah belanja pemerintah. Belanja APBN dan belanja APBD, dan masyarakat di bawah harus diberikan penghasilan yang seluas-luasnya, diberikan pekerjaan yang seluas-luasnya," ucapnya.

Jokowi menyebutkan pemda bisa melakukan banyak kegiatan padat karya yang menyerap tenaga kerja. Antara lain padat karya untuk perbaikan jalan, perbaikan saluran air, perbaikan puskesmas/posyandu, dan perbaikan sekolah. Presiden mengimbuhkan pemerintah pusat juga sudah menggeser besar-besaran ke padat karya.

"Dengan padat karya saya kira banyak sekali sehingga tercipta lapangan kerja dan (pemda) bayar gajinya kemudian mereka akan meningkat konsumsinya sehingga meningkatkan daya beli. Sehingga, ada demand di ekonomi kita," ucap Jokowi.

Kepala Negara juga berpesan agar kepala daerah terus melanjutkan program bantuan sosial kepada masyarakat. Bantuan sosial tetap penting dijalankan untuk negurangi beban masyarakat lapisan bawah.

"Tetap lanjutkan terus pemberian bantuan sosial terutama sembako pada masyarakat lapisan bawah dan kelompok masyarakat bawah yang tidak bisa mendapatkan tambahan penghasilan dari program padat karya. Ini perlu dibantu dengan bansos," ucapnya. (OL-6)
 

Baca Juga

Mi/Susanto

Ketua KPK: Pencegahan Korupsi Dilakukan dari Hulu ke Hilir

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Selasa 13 April 2021, 18:25 WIB
Firli mengatakan peluncuran Stranas PK 2021-2022 menjadi modal ke depan kerja KPK bersama kementerian/lembaga hingga pemda untuk mewujudkan...
Antara

PKS Ragu Satgas BLBI Mampu Kembalikan Uang Negara

👤Putra Ananda 🕔Selasa 13 April 2021, 17:52 WIB
PKS menilai pembentukan Satgas BLBI sebagai pil penenang publik terhadap terbitnya Surat Perintah Penghentian Penyidikan...
MI/M Irfan

Dugaan Kebocoran Informasi, KPK Diminta Lakukan Evaluasi Internal

👤Tri Subarkah 🕔Selasa 13 April 2021, 16:26 WIB
KPK diminta melakukan evaluasi internal terkait dugaan bocornya informasi saat penyidik akan melakukan penggeledahan terkait kasus...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Salah Kaprah Salurkan Energi

Kenakalan remaja pada masa lalu hingga masa kini masih ada, bahkan semakin meninggi. Itu terjadi karena remaja sering kali mementingkan solidaritas grup.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya