Rabu 27 Januari 2021, 14:43 WIB

KPK Terus Periksa Saksi-Saksi Kasus Korupsi Bansos Juliari

Dhika Kusuma Winata | Politik dan Hukum
KPK Terus Periksa Saksi-Saksi Kasus Korupsi Bansos Juliari

MI/Rommy Pujianto
Gedung Merah Putih KPK.

 

KOMISI Pemberantasan Korupsi (KPK) terus memeriksa saksi-saksi dalam kasus bansos covid-19 yang menjerat eks Menteri Sosial Juliari Batubara. Penyidik komisi kini juga menyelisik tahapan perencanaan dan pengadaan paket sembako bansos melalui pemeriksaan terhadap Staf Ahli Mensos Restu Hapsari.

"Penyidik mengonfirmasi terkait dengan tahapan perencanaan dan penganggaran proyek pengadaan Bansos untuk wilayah Jabodetabek 2020 di Kemensos," kata Pelaksana Tugas Juru Bicara KPK Ali Fikri, Rabu (27/1). Pemeriksaan saksi Staf Ahli Mensos itu digelar Selasa (26/1).

Penyidik juga memeriksa Direktur Operasional PT Pertani Lalan Sukmaya. Perusahaan itu merupakan salah satu rekanan yang mendapat proyek pengadaan sembako bansos. "Penyidik mengonfirmasi terkait perolehan jumlah paket bansos yang disuplai dari produk PT Pertani untuk distribusikan dalam paket bansos," imbuh Ali.

Tak hanya itu, penyidik komisi antirasuah memeriksa dua pengusaha yakni Direktur Utama PT Mandala Hamonangan Sude, Rangga Derana Niode, dan Direktur PT Bumi Pangan Digdaya, Achmad Gamaludin Moeksin. KPK menduga perusahaan itu merupakan penyuplai paket pengadaan barang bansos yang diperoleh perusahaan rekanan Kemensos.

Penyidik komisi juga memeriksa Kepala Bagian Sekretariat Komisi VIII DPR Sigit Bawono Prasetyo. Penyidik mengonfirmasi saksi Sigit terkait tugas pokok dan fungsi Komisi VIII selaku mitra kerja Kemensos.

Dalam kasus itu, Juliari diduga menerima Rp17 miliar dari dua tahap pengadaan bansos Jabodetabek. KPK menduga Juliari mendapat potongan Rp10 ribu dari setiap paket sembako dari vendor Kemensos melalui penunjukan langsung.

Duit Rp8,2 miliar diduga diterima terkait penyaluran bansos periode pertama dan Rp8,8 miliar pada penyaluran tahap dua. Selain Juliari, empat tersangka lain yakni dua pejabat pembuat komitmen Kemensos yakni Adi Wahyono dan Matheus Joko Santoso serta dari pihak swasta Ardian I M dan Harry Sidabuke. (OL-14)

Baca Juga

Antara/M Risyal Hidayat.

Masih Solid, Demokrat Beberkan Andil SBY Bangun Parpol

👤Putra Ananda 🕔Senin 01 Maret 2021, 17:39 WIB
Dirinya juga membantah pernyataan yang menyebut bahwa Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tidak memiliki andil dalam pendirian Partai...
Antara

Kunjungan Kerja Komisi I DPR ke Luar Negeri Dinilai Penting

👤Andhika Prasetyo 🕔Senin 01 Maret 2021, 17:29 WIB
Sebelumnya, rencana kunjungan kerja Komisi I DPR RI mendapat kecaman dari publik. Sebab, dinilai sebagai agenda yang menghamburkan uang...
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

Paspampres: Moge Terobos Ring I Selesai, Kini Ditangani Polisi

👤Dhika kusuma winata 🕔Senin 01 Maret 2021, 17:05 WIB
Wisnu mengatakan terkait dugaan pelanggaran hukum dalam insiden itu diserahkan sepenuhnya ke...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya