Selasa 29 Desember 2020, 01:40 WIB

DPR RI Kecam Pelecehan Indonesia Raya

Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Politik dan Hukum
DPR RI Kecam Pelecehan Indonesia Raya

ANTARA FOTO/ Reno Esnir
wAKIL Ketua DPR RI, Azis Syamsuddin.

 

WAKIL Ketua DPR RI Azis Syamsuddin mengecam dan mengutuk keras penghinaan dan pelecehan lagu Indonesia Raya di akun Youtube, My Asean yang mengaku berasal dari negara Malaysia.

Azis mendesak Kedutaan Besar (Kedubes) Malaysia untuk Indonesia dapat mengambil langkah konkret terkait dengan persoalan tersebut.

“Kedubes Malaysia juga harus mengungkap aktor di balik parodi lagu Indonesia Raya yang membuat masyarakat Indonesia geram dan dapat menimbulkan efek buruk bagi hubungan bilateral kedua negara,” kata Azis dalam keterangannya di Jakarta, kemarin.

Dia meminta pemerintah Malaysia menangkap pelaku pelecehan lagu Indonesia Raya tersebut dan mengumumkan secara resmi. Azis menegaskan tindakan mengubah lagu Indonesia Raya tersebut merupakan sebuah penghinaan terhadap simbol negara bangsa Indonesia.

“Lagu kebangsaan Indonesia Raya merupakan salah satu empat simbol negara selain bendera, bahasa, dan lambang negara,” ujarnya.

Azis juga meminta Kementerian Luar Negeri, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), dan Badan Intelijen Negara (BIN) berkoordinasi serta mengambil langkah tegas dan terukur terhadap permasalahan tersebut.

Kedutaan Besar Malaysia di Jakarta telah mengeluarkan pernyataan resmi yang menyatakan tengah menyelidiki perkara itu. ‘Sekiranya didapati video tersebut dimuat naik oleh warga negara Malaysia, tindakan tegas akan dikenakan berlandaskan peruntukan undangundang sedia ada,’ sebut pernyataan Kedubes Malaysia yang dipublikasikan, kemarin.

Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Argo Yuwono menyatakan pihaknya akan menyelidiki penyebar parodi Indonesia Raya tersebut. Kendati pemilik akun mengaku berasal dari Malaysia, Argo menuturkan penyidik siber juga akan mencari tahu lokasi pelaku. (Ant/Ykb/P-2)

Baca Juga

marineinsight.com

Bea Cukai Gresik Gagalkan Penyelundupan Kapal Roro asal Jepang

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 13 April 2021, 21:00 WIB
Bea cukai Gresik menggagalkan penyelundupan kapal Roll-on/Roll-off (Roro) yang dilakukan salah satu perusahaan penyeberangan di...
MI/ Rahmatul Fajri

Polri Luncurkan Aplikasi untuk Permudah Bikin SIM

👤Rahmatul Fajri 🕔Selasa 13 April 2021, 20:43 WIB
Masyarakat yang hendak menggunakan layanan ini cukup dengan mengunduh aplikasi SINAR di Playstore Andorid maupun...
Antara

Luhut Dorong KPK Perkuat Pengawasan Megaproyek Nasional

👤Insi Nantika Jelita 🕔Selasa 13 April 2021, 20:26 WIB
"KPK ini super sakti. Kalau KPK bisa memainkan peran dengan pas, pencegahan banyak, akan menurunkan korupsi," tandas...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Salah Kaprah Salurkan Energi

Kenakalan remaja pada masa lalu hingga masa kini masih ada, bahkan semakin meninggi. Itu terjadi karena remaja sering kali mementingkan solidaritas grup.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya