Kamis 03 Desember 2020, 14:55 WIB

Pemerintah Diminta Evaluasi Strategi Penanganan Covid-19

Sri Utami | Politik dan Hukum
Pemerintah Diminta Evaluasi Strategi Penanganan Covid-19

Antara
Ketua DPR Puan Maharani

 

KETUA DPR Puan Maharani meminta pemerintah segera melakukan evaluasi menyeluruh terhadap strategi penanganan pandemi covid-19 yang sudah menjelang bulan ke-10 di Indonesia.

Permintaan itu mengacu pada data terbaru jumlah penularan covid-19 yang belum menurun. Bahkan penderita covid-19 sempat menembus 6ribu kasus baru per hari pada akhir November dan sejumlah rumah sakit dinyatakan penuh. 

"Dengan tembusnya rekor baru, Pemerintah harus evaluasi menyeluruh strategi penanganan pandemi ini untuk menemukan bagian apa lagi yang harus kita gencarkan. Selama ini upaya penanggulangannya sudah luar biasa, termasuk peran tenaga kesehatan dan masyarakat. Tapi Pemerintah harus jadi motor penggerak untuk melahirkan usaha yang lebih dari luar biasa,” ungkap Puan dalam siaran pers yang diterima mediaindonesia.com, Rabu (3/12).

Anggaran sangat besar sudah dialokasikan untuk penanggulangan covid-19 dan untuk mengurangi dampaknya. Langkah tracing, testing, treatment (3T) juga sudah ditingkatkan dan kesadaran masyarakat sudah meningkat untuk mengenakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak (3M). Pemerintah pun harus menangkap kekhawatiran masyarakat akibat pandemi ini terlebih angka penularan dan korban jiwa sangat tinggi, termasuk catatan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) yang menyebutkan hingga awal Desember 2020, sebanyak 180 dokter meninggal akibat covid-19.

“Ada baiknya kita mewawas diri, instrospeksi langkah penanggulangannya. Jangan sampai masyarakat lelah dan tidak mau lagi mematuhi protokol kesehatan,” ujarnya. 

Baca juga : KPU Bersinergi dengan TNI Distribusikan APD ke KPPS

Puan mendorong Pemerintah menguatkan pencegahan dari sisi hulu. Misalnya, dengan memperluas bantuan vitamin dan jamu agar kesehatan dan daya imunitas masyarakat terjaga. Langkah ini dinilai penting dilakukan sambil menunggu tersedianya vaksin sebagai salah satu langkah penanggulangan covid-19.

“Negara harus hadir membantu masyarakat. Pertimbangkan lakukan pencegahan dengan meningkatkan imunitas, berikan vitamin dan jamu herbal pada masyarakat untuk meningkatkan daya imunnya,” kata politisi PDI Perjuangan tersebut.

Hal lain yang tak kalah penting menurutnya adalah menguatkan sinergi birokrasi, pemerintah pusat dan pemerintah daerah, untuk mengoptimalkan penanganan pandemi covid-19. Puan mengingatkan agar kebijakan yang diambil harus berdasarkan data akurat dan mempertimbangkan berbagai masukan.

“Ini tentang kemanusiaan, maka sinergi sangat penting. Utamakan kesehatan dan keselamatan masyarakat, jangan politisasi keadaan,” tukasnya. (P-5)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

KPK Cecar Gubernur Bengkulu Soal Ekspor Benur

👤Cahya Mulyana 🕔Senin 18 Januari 2021, 20:55 WIB
Rohidin mengaku kehadirannya ini dalam kapasitas sebagai saksi dan sebagai warga negara yang menghormati...
Antara

Kompolnas Yakin Soliditas Polri Tidak Goyah Dipimpin Komjen Listyo

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Senin 18 Januari 2021, 20:45 WIB
PENUNJUKAN Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai calon tunggal Kapolri merupakan hak prerogratif Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang harus...
MI/Lina Herlina

Fraksi NasDem Galang Bantu Korban Gempa Mamuju-Majene

👤Putra Ananda 🕔Senin 18 Januari 2021, 20:02 WIB
"Semoga bantuan ini bisa bermanfaat untuk seluruh teman-teman yang kondisinya saat ini sedang dalam pengungsian," kata Legislator...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya