Selasa 01 Desember 2020, 05:56 WIB

Muhammadiyah Minta Aparat Blokir Video Azan Berlafaz Jihad

Siti Yona Hukmana | Politik dan Hukum
Muhammadiyah Minta Aparat Blokir Video Azan Berlafaz Jihad

Dok MI/Rommy Pujianto
Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti

 

PENGURUS Pusat (PP) Muhammadiyah ikut menanggapi video azan berlafaz jihad yang viral di media sosial. PP Muhammadiyah minta aparat keamanan menyelidiki video tersebut.

"Lalu, memblokir supaya video adzan tersebut tidak semakin beredar dan meresahkan masyarakat," kata Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti kepada Medcom.id, Selasa (1/12)

Selain itu, Abdul juga meminta Badan Litbang Kementerian Agama meneliti video tersebut. Dia juga meminta organisasi masyarakat (ormas) Islam perlu segera memberikan tuntunan kepada para anggota agar tetap teguh mengikuti ajaran agama Islam yang lurus.

"Saya belum menemukan hadis yang menjadi dasar azan tersebut. Saya juga tidak tahu apa tujuan mengumandangkan azan dengan bacaan "hayya alal jihad"," tutur Abdul.

baca juga: Densus 88 Tangkap Profesor Bom Kelompok Teroris

Sebuah video azan berdurasi 30 detik beredar di media sodial WhatsApp. Dalam video itu tampak lima orang pria, satu muazin dan empat lainnya makmum. Muazin melafazkan azan namun, di akhir-akhir azan dia mengucapkan hayya alal jihad, bukan hayya alal sholat. Ucapan hayya alal jihad pun diikuti oleh empat makmumnya dengan mengepal dan mengangkat satu tangan. Belum diketahui lokasi dalam video tersebut. Begitu juga orang-orang yang berada dalam video itu. (OL-3)
 

Baca Juga

Dok. Bakamla RI

Bakamla Halau Kapal Pengawas Perikanan Vietnam

👤Cahya Mulyana 🕔Minggu 17 Januari 2021, 13:54 WIB
Kapal asal Vietnam bernama Kiem Ngu 215 diketahui berada di perairan Indonesia sejak Kamis (15/1) lalu karena mengalami kerusakan...
MI/Susanto

Lembaga Pemilu Berusaha Tunjukan Kuasa

👤Emir Chairullah 🕔Minggu 17 Januari 2021, 13:01 WIB
Ia mencontohkan kasus pemberhentian Ketua KPU Arief Budiman oleh DKPP yang dianggap melanggar kode etik karena menemani Anggota KPU Evi...
MI/M Irfan

DPR Harus Uji Listyo Secara Rinci

👤Cahya Mulyana 🕔Minggu 17 Januari 2021, 11:24 WIB
DPR yang bertugas menyampaikan aspirasi masyarakat perlu mendalami rencana kerja Listyo secara mendalam. Termasuk pula gagasan Listyo dalam...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya