Selasa 01 Desember 2020, 00:13 WIB

Densus 88 Tangkap Profesor Bom Kelompok Teroris

Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Politik dan Hukum
 Densus 88 Tangkap Profesor Bom Kelompok Teroris

ANTARA/Mohamad Hamzah
.

 

DENSUS 88 berhasil menangkap buronan teroris Taufik Bulaga alias Upik Lawanga. Ia dikenal sebagai profesor bom karena ahli merakit bom dengan daya ledak tinggi. Upik Lawanga ialah murid kesayangan Dr Azhari, teroris dalang utama bom Bali I.

"Penangkapan DPO tindak pidana terorisme TB alias Upik Lawanga. Upik Lawanga telah menjadi DPO oleh Densus Antiteror mulai 2006," papar Karo Penmas Mabes Polri Brigjen Awi Setiyono, di Mabes Polri, Jakarta, Senin (30/11).

Awi membeberkan, pada 23 November 2020, sekitar pukul 14.35 WIB, tim Densus 88 menangkap Upik di di Jalan Raya Seputih Lanyak, Provinsi Lampung.

Saat penangkapan, Awi mengemukakan Densus 88 menemukan bungker di tempat persembunyian Upik. Bunker tersebut berada di rumah.

“Terkait penangkapan UL di Lampung sejumlah barang bukti disita antara lain 8 senjata tajam, 1 senjata api, 1 senjata angin, 1 panas, 13 peluru, dan 1 bungker kedalaman 2 meter,” ucap Awi.

Awi menyebut bahwa bungker sejenis tersebut juga telah ditemukan di Poso pada 2007, Klaten 2014, dan terakhir Lampung pada 2020.

"Tindak pidana terorisme yang dilakukan UL selama di Poso membuat 27 saudara kita meninggal dunia dan 92 mengalami luka luka. Karena banyaknya kasus teror saat itu di Sulteng, Polri membuat satgas gakum di Poso," terang Awi.

Upik Lawanga ialah aset penting dari organisasi teroris Al Jamaah Islamiyah (JI). Pasalnya, Upik memiliki keahlian merakit bom dengan daya ledak tinggi sehingga dijuluki profesor bom.

“Karena memang UL ini penerus Dr Azhari sehingga yang bersangkutan sengaja disembunyikan oleh kelompok JI,” ungkap Awi. (OL-14)

Baca Juga

Antara

RUU Pemilu Perlu Tingkatkan Batas Sumbangan Kampanye

👤Tri Subarkah 🕔Minggu 24 Januari 2021, 22:30 WIB
Ia juga mendorong agar laporan dana kampanye diatur lebih ketat dengan dengan audit investigatif, transparan, dan...
Antara

Munarman FPI Berang ke PPATK, Ini Penyebabnya

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Minggu 24 Januari 2021, 20:06 WIB
“Memangnya kalau dari luar negeri itu otomatis bandit semua apa, koruptor semua apa? Seperti para elit di sini,”...
Antara

PPATK Sebut FPI Banyak Terima Dana dari Luar Negeri

👤Despian Nurhidayat 🕔Minggu 24 Januari 2021, 19:45 WIB
"Iya itu betul, tapi kan belum berarti bisa disimpulkan apa-apa. Transaksi ke luar negeri biasa juga dilakukan organisasi, individu,...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya