Jumat 27 November 2020, 07:32 WIB

Polisi Pastikan Sudah Antisipasi Ancaman Teror di Kerumunan

Siti Yona Hukmana | Politik dan Hukum
Polisi Pastikan Sudah Antisipasi Ancaman Teror di Kerumunan

ANTARA/Reno Esnir
Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Awi Setiyono

 

POLRI, khususnya Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror, diminta mewaspadai aksi terorisme di tengah kerumunan. Polri pun memastikan telah mengantisipasi aksi tersebut.

"Bahwa selama ini kan kita siapa pun (yang menggelar kegiatan menimbulkan kerumunan) kita lakukan pengamanan toh dan itu sudah ada bidang yang mengawasi terkait dengan teroris ya, kita serahkan pada ahlinya, Densus 88 Antiteror," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono saat dikonfirmasi di Jakarta, Jumat (27/11).

Sebelumnya, Indonesia Police Watch (IPW) menyoroti maraknya kegiatan yang menimbulkan kerumunan massa akhir-akhir ini. Fenomena ini dikhawatirkan dimanfaatkan kelompok teroris.

Baca juga: Cegah Kerumunan Perlu Sosialisasi Kedatangan Pemilih

"Kepolisian, terutama jajaran intelijen, Detasemen Khusus (Densus) 88, dan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) perlu mewaspadai akan munculnya aksi terorisme di Indonesia," kata Ketua Presidium IPW Neta S Pane dalam keterangan tertulis, Selasa (24/11).

Menurut dia, kerumunan massa bisa membuat kalangan radikal dan jaringan terorisme leluasa bergerak. Sementara itu, menjelang akhir 2020, ada potensi kerumunan dari masyarakat yang berlibur saat Natal dan Tahun Baru 2021.

Kerumunan yang belakang terjadi antara lain, kegiatan penjemputan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab ke Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Selasa, 10 November 2020.

Lalu, kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Tebet, Jakarta Selatan dan Megamendung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada Jumat (13/11) dan Pernikahan anak Rizieq di Petamburan, Jakarta Pusat, Sabtu (14/11). (OL-1)

Baca Juga

MI/Susanto

Korupsi Bansos, KPK Panggil Politikus PDIP Ihsan Yunus

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Rabu 27 Januari 2021, 13:30 WIB
Politikus PDIP itu dipanggil sebagai mantan Wakil Ketua Komisi VIII DPR yang merupakan mitra kerja Kementerian...
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Kuasa Hukum Pinangki Sebut Tuduhan Terima Uang Masih Kabur

👤Tri Subarkah 🕔Rabu 27 Januari 2021, 11:47 WIB
"Kami katakan kabur karena sampai saat ini tidak dapat dibuktikan di mana dan kapan terdakwa menerima uang yang dituduhkan...
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Sebelum Divonis, Eks Jaksa Pinangki Minta Keringanan Hakim

👤Tri Subarkah 🕔Rabu 27 Januari 2021, 11:23 WIB
Eks Jaksa Pinangki memohon kepada majelis hakim agar meringankan putusan terhadapnya. Selain itu, ia kembali menyampaikan rasa bersalahnya...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya