Rabu 08 Juli 2020, 18:27 WIB

Presiden Dipastikan Hadir dalam Sidang Tahunan MPR

Dhika Kusuma Winata, Andhika Prasetyo | Politik dan Hukum
Presiden Dipastikan Hadir dalam Sidang Tahunan MPR

MI/Mohamad Irfan
Presiden Joko Widodo saat menghadiri Sidang Tahunan MPR-RI 2019 di Kompleks Parlemen, Jakarta.

 

PRESIDEN Joko Widodo akan menghadiri sidang tahunan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI pada Agustus mendatang.

Kepastian itu diungkapkan Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo, dalam keterangan pers seusai bertemu Kepala Negara di Istana Kepresidenan Bogor, Rabu (8/7).

"Alhamdulillah, Pak Presiden menyatakan akan hadir secara fisik dalam sidang tahunan MPR, yang kami selenggarakan pada 14 Agustus," ujar pria yang akrab disapa Bamsoet.

Lebih lanjut, dia mengatakan Jokowi, sapaan akrabnya, akan menghadiri sidang tahunan secara langsung dengan protokol kesehatan. Sebagai tuan rumah, MPR menjamin protokol kesehatan dilakukan secara ketat.

Baca juga: Wapres: Perkuat Ekonomi Umat, Tingkatkan Fungsi Masjid

Dalam pertemuan dengan Presiden, Bamsoet turut melakukan rapat konsultasi bersama terkait persiapan sidang tahunan. Penyelenggaraan sidang pada tahun ini dimajukan menjadi 14 Agustus, dari yang biasanya dilaksanakan pada 16 Agustus.

"Kebiasaan kita 16 Agustus, namun karena tanggal 16 jatuh pada hari Minggu, kita majukan pada hari Jumat, tepatnya tanggal 14 Agustus," papar Bamsoet.

Pertemuan itu juga dihadiri jajaran Wakil Ketua MPR, yakni Ahmad Basarah, Ahmad Muzani, Lestari Moerdijat, Jazilul Fawaid, Sjarifuddin Hasan, Zulkifli Hasan, Arsul Sani dan Fadel Muhammad.

Adapun Kepala Negara didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung. Dalam pertemuan dengan MPR, Jokowi juga membahas perkembangan terkini penanganan kasus covid-19.

Baca juga: MA dan MK Jangan Jalan Sendiri-Sendiri

Bamsoet mengatakan Presiden dan para pemimpin dunia merasakan situasi sulit yang sama di tengah pandemi ini. Namun, upaya keras tetap harus dilakukan untuk dapat keluar dari situasi ini dan memberikan bantuan kepada masyarakat.

Kepada pimpinan MPR, Jokowi memyampaikan berbagai langkah stimulus dan subsidi yang disiapkan pemerintah untuk menggerakkan roda perekonomian. Terutama bagi sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Selain itu, stimulus juga diberikan untuk sektor kesehatan dan sosial.

"Beliau menyinggung soal masalah ekonomi. Beliau telah berupaya untuk memberikan stimulus jalan keluar terhadap berbagai kebuntuan, berbagai situasi ekonomi yang ada," tutup Bamsoet.(OL-11)

 

Baca Juga

MI/PIUS ERLANGGA

Hari Terakhir Pendaftaran Peserta Pemilu 2024, Dua Parpol belum Konfirmasi

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 06:30 WIB
Pada hari terakhir tahapan pendaftaran, ada sepuluh parpol yang akan berbondong-bondong mendatangi...
Dok.MI

Formappi: Fungsi Legislasi DPR Biasa Saja

👤Indriyani Astuti 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 22:47 WIB
Delapan RUU lainnya, ujar Lucius, merupakan RUU Kumulatif Terbuka yang semuanya terkait undang-undang provinsi (5 RUU) dan daerah otonomi...
Dok MI

Esok Tiba di Tanah Air, Surya Darmadi Siap Ikuti Proses Hukum

👤Ant 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 20:21 WIB
Juniver mengatakan Surya sudah bersurat kepada Jaksa Agung ST Burhanuddin dan jajaran pimpinan Kejagung perih kesiapannya...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya