Sabtu 30 November 2019, 18:36 WIB

DPR Tagih Penjelasan Rencana Pemangkasan Eselon ke Kemenpan RB

M. Iqbal Al Machmudi | Politik dan Hukum
DPR Tagih Penjelasan Rencana Pemangkasan Eselon ke Kemenpan RB

MI/Rommy Pujianto
Anggota Komisi II DPR RI Mardani Ali Sera

 

KOMISI II DPR RI menyatakan dukungannya terhadap recana pemerintah untuk memangkas birokrasi dengan menghilangkan sejumlah jabatan eselon III dan IV.

Namun, anggota Komisi II DPR RI Mardani Ali Sera menegaskan, pihaknya membutuhkan konsep yang jelas dari pemerintah agar tidak membingungkan masyarakat.

"Dukung pelaksanaan reformasi birokrasi. Tapi mesti dijelaskan grand design reformasi birokrasi dulu. Bahwa konsekuensinya ada pemangkasan eselon mesti dilihat per unit kerja," kata Mardani saat dihubungi, Sabtu (30/11).

Menurutnya pemangkasan eselon sendiri tidak bisa disama-ratakan di semua Kementerian/Lembaga karena beberapa bidang harus dikerjakan dengan sumber daya manusia.

Baca juga : ASN di Bagian Keuangan tidak Kena Pemangkasan Eselon

"Mesti dilaksanakan secara menyeluruh. Ada yang tidak bisa digantikan dengan robot. Tapi unit pendaftaran dan pelayanan dokumen bisa diberikan," ujarnya.

Beberapa jabatan eselon III dan IV yang tidak bisa serta-merta dihapuskan, menurut Mardani, ialah jabatan yang berkaitan dengan kepala kantor atay berhubungan dengan pengelolaan keuangan lembaga.

Meski demikian, jabatan fungsional dinilai akan lebih baik dibandingkan dengan jabatan struktural. Karena jabatan fungsional akan berbasis pada skill dan profesional.

"Jika dijalankan reformasi birokrasi secara utuh akan dijelaskan bahwa fungsional justru lebih baik dibandingkan struktural. Mestinya fungsional yang berbasis skill dan profesional lebih banyak dan lebih diminati dibandingkan jabatan struktural," tandasnya. (OL-7)

Baca Juga

 ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

KPK Selisik Rekomendasi Tambak Lobster di Kabupaten Kaur Bengkulu

👤¬†Dhika Kusuma Winata 🕔Selasa 19 Januari 2021, 13:49 WIB
KPK terus memeriksa sejumlah saksi dalam kasus ekspor benih lobster yang menjerat eks Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy...
ANTARA/Hafidz Mubarak A

KPK Panggil Istri Nurhadi Lagi

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Selasa 19 Januari 2021, 13:44 WIB
Selain Tin, penyidik komisi juga memanggil Ketua RW 08 Grogol Selatan Francesco Xavier Kolly Mally sebagai...
AFP

MPR Usulkan Wartawan Masuk Kelompok Prioritas Vaksinasi

👤Faustinus Nua 🕔Selasa 19 Januari 2021, 13:43 WIB
Wakil Ketua MPR RI Rerie L. Moerdijat mengungkapkan bahwa MRI RI telah mengusulkan kepada pemerintah untuk menjadikan wartawan sebagai...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya