Selasa 19 November 2019, 08:40 WIB

Pegang Teguh Konsensus Kebangsaan

Akmal Fauzi | Politik dan Hukum
Pegang Teguh Konsensus Kebangsaan

MI/RAMDANI
Juru bicara Presiden, Fadjroel Rachman.

 

PRESIDEN Joko Widodo meminta segenap anggota TNI dan Polri untuk memegang teguh konsensus kebangsaan.

Hal itu disampaikan saat Presiden menerima pimpinan TNI Angkatan Laut dan TNI Angkatan Udara di Istana Kepresidenan, Jakarta, kemarin. Mereka datang bergantian dalam pertemuan tertutup itu.

Pimpinan komando kewilayahan TNI-AL terlebih dahulu datang sebanyak 24 orang, disusul pimpinan komando TNI-AU 19 orang.

Juru bicara Presiden, Fadjroel Rachman, mengatakan pertemuan tersebut sama seperti pertemuan Presiden dengan Pangdam seluruh Indonesia pada Kamis (14/11) terkait dengan konsensus kebangsaan.

"Agar memegang teguh konsensus kebangsaan, Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Bhinneka Tunggal Ika, NKRI, dan tetap membela Merah Putih," kata Fadjroel.

Selain itu, kata Fadjroel, Presiden meminta anggota TNI dan Polri untuk bersama-sama pemerintah menjaga serta menjalankan program yang telah dicanangkan dalam lima tahun ke depan.

"Agenda besar itu ialah peningkatan sumber daya manusia, pembangunan infrastruktur, penyederhanaan birokrasi, penyederhanaan regulasi, dan transformasi ekonomi," jelasnya.

Menurut Fadjroel, dalam pertemuan itu Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyampaikan terima kasih kepada pemerintah terkait dengan dukungan bagi TNI.

Di lain hal, Presiden saat ini masih memproses nama-nama yang diusulkan untuk menjadi Wakil Panglima TNI. "Semua jadi hak prerogatif Presiden untuk memutuskan atau menerima usulan," kata Fadjroel.

Calon potensial untuk mengisi posisi wakil panglima ialah para kepala staf di TNI, yaitu KSAD Jenderal Andika Perkasa, KSAL Laksamana Siwi Sukma Adji, dan KSAU Marsekal Yuyu Sutisna. (Mal/X-11)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Jaya Kusuma

Eggy Sudjana Diperiksa Sebagai Tersangka Makar Kamis Mendatang

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Rabu 02 Desember 2020, 08:52 WIB
Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) Eggi Sudjana  akan diperiksa oleh Ditreskrimum Polda Metro Jaya  pada Kamis (3/12) sebagai...
ANTARA/Reno Esnir

Dua Petinggi KAMI Segera Disidang

👤Siti Yona Hukmana 🕔Rabu 02 Desember 2020, 08:51 WIB
Polisi menangkap Syahganda Nainggolan dan Jumhur Hidayat pada 13 Oktober lalu atas dugaan penyebaran hoaks terkait omnibus...
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/

Mahfud MD: Mereka Telah Mengganggu Ibu Saya

👤Siswantini Suryandari, Cahya Mulyana 🕔Rabu 02 Desember 2020, 06:57 WIB
Menko Polhukam Mahfud MD menyatakan kemarahannya dalam Twitter atas aksi sekelompok orang yang telah mendatangi rumahnya dan mengganggu...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya