Sabtu 05 Oktober 2019, 10:56 WIB

Pemerintah Akan Bangun Empat Pangkalan Militer Baru

Akmal Fauzi | Politik dan Hukum
Pemerintah Akan Bangun Empat Pangkalan Militer Baru

MI/Adi Mualana Ibrahim
Pasukan TNI menari saat peringatan HUT ke-74 TNI di di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu (5/10).

 

PRESIDEN Joko Widodo mengapresiasi kinerja TNI yang terus menjaga kedaulatan republik Indonesia. Pemerintah, kata Jokowi, akan terus komitmen mendukung pengembangan institusi TNI.

Hal itu disampaikan Jokowi saat menjadi inspektur upacara peringatan HUT ke-74 TNI di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu (5/10). Jokowi menyampaikan, salah satu bentuk komitmen yang dilakukan yakni dengan pembangunan pangkalan militer baru.

"Dalam satu tahun terakhir, TNI telah menorehkan sejarah baru. Telah diresmikan pangkalan miiter terbaru di Natuna. Disusul empat lagi di Biak, Merauke, Morotai dan Saumlaki," kata Jokowi, Sabtu (5/10).

Jokowi menambahkan ada upaya pemerintah untuk mendukung TNI sekaligus menghilangkan ego tiga matra. Misalnya dengaan pembentukan Komando Operasi Gabungan pada Juli 2019 umtuk penanggulangan terorisme.

Di satuan itu, kata Jokowi, prajurit terbaik tiga matra dilebur menjadi satu untuk bahu membahu menanggulangi terorisme. Selain itu ada latihan gabungan Dharmayuda yang melibatkan 12.500 prajurit dari tiga matra. Pemerintah juga telah membentuk komando gabungan wilayah pertahanan di Tanjung Pinang, Balikpapan dan Biak. Hal ini untuk meningkatkan kesiapsiagaan militer mengantisipasi krisis.

"Ini menandai pergeseran militer di negara kita, tadinya terpilah di masing-masing matra, sekarang semakin terpadu," kata Jokowi.

baca juga: Yessy Melania Berjanji Perjuangkan Hak Perempuan

Menurutnya, komitmen pemerintah juga dituangkan dalam kebijakan. Ada peraturan presiden yang memberi posisi baru pada perwira tinggi dan penambahan alat utama sistem pertahanan.

"Di era kemajuan teknologi, alutsista dan SDM TNI harus semakin tangguh, panglima TNI saya perintahkan," ujar Jokowi. (OL-3)

 

Baca Juga

Ilustrasi

Lima Teroris di Aceh Terafilisiasi Jaringan ISIS

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Minggu 24 Januari 2021, 16:06 WIB
"Mereka terafiliasi dengan jaringan bom Mapolreta Medan dan jaringan yg ditangkap di Riau yang ujungnya mengarah ke ISIS," ujar...
Ilustrasi

Ini Empat Alasan Perlunya UU Pemilu di Revisi

👤Tri Subarkah 🕔Minggu 24 Januari 2021, 15:11 WIB
Peneliti Perludem Heroik Pratama memaparkan empat alasan ihwal urgensinya revisi Undang-Undang No. 7/2017 tentang...
Antara

Transfer BBM Ilegal, 2 Kapal Asing Diamankan Bakamla

👤Cahya Mulyana 🕔Minggu 24 Januari 2021, 14:57 WIB
Bakamla RI mengamankan dua kapal berjenis motor tanker (MT) yang diduga melakukan transfer bahan bakar minyak (BBM) ilegal di perairan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya