Minggu 10 Februari 2019, 21:38 WIB

Pertanyaan Debat Kedua Dirancang Mengarah Pada Solusi

Insi Nantika Jelita | Politik dan Hukum
Pertanyaan Debat Kedua Dirancang Mengarah Pada Solusi

ANTARA

 

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) sudah merampungkan diskusi kelompok terfokus (FGD)  bersama tujuh panelis dengan para stakeholder, masyarakat sipil dan LSM pada Sabtu (8/2) lalu.

Koordinator panelis debat kedua, Sudharto P Hadi,mengatakan, kedua capres diharapkan bisa menjawab pertanyaan dengan memetakan masalah dengan baik terhadap lima isu yang diangkat, yaitu pangan, energi, infrastruktur, sumber daya alam dan lingkungan hidup.

"Saya kira debat itu bagian dari kampanye, artinya para capres itu diharapkan mampu memetakan masalah dari lima isu debat itu, seperti apa konsepnya yang ditawarkan. Kalau bagi petahana tentu apa saja yang sudah dicapai, apa yang akan dilakukan. Bagi Prabowo strategi atau kebijakan apa yang akan ditempuh," kata Pakar Lingkungan Hidup Universitas Diponergoro itu, Minggu (10/2).

Sudharto megungkapkan, tim panelis sepakat bahwa pertanyaan yang akan diajukan merupakan persoalan yang menjadi perhatian banyak pihak.

"Para tim panelis sepakat supaya pertanyaan-pertanyaan yang kita ajukan itu mampu mewakili perhatian dari para stakeholder dan pihak lain. Misalnya, di soal energi, perhatian kedua capres seperti apa, harapan mereka. Karena siapapun yang memimpin negeri ini harus mampu membawa lima tema itu kedepan lebih baik,"jelasnya.

Baca juga : KPU : Persiapan Debat Kedua Sudah 90%

Saat FGD, para panelis juga menerima masukan dari stakeholder dan masyarakat sipil terkait lima tema debat yang diangkat.

"Malam pada Jumat (8/2) kami berdiskusi untuk mempertajam isu-isu tersebut berdasarkan pada kepakaran kita. Ada masukan dari stakeholder, analisis media massa, kemudian sampai hari Sabtu malam (9/2) kota sudah merumuskan draft pertanyaan-pertanyaan berkaitan lima tema debat itu,"ucap Sudharto.

Diakuinya, para panelis akan bekerja menyusun soal-soal hingga Jumat pekan depan. Selanjutnya panelis akan memberikan penjelasan mengenai pertanyaan-pertanyaan yang akan diajukan kepada para paslon oleh moderator.

"Seluruh tim panelis akan bertemu lagi pada Jumat dan Sabtu minggu depan. Kemudian kita serahkan ke moderator, dengan disaksikan oleh KPU. Untuk soal belum kita tentukan. Kami masih menginvetarisasi isu-isu yang akan diprioritaskan. Baru kita matangkan pertanyaannya nanti. Termasuk video pendek untuk segmen keempat yang Kita sertai pertanyaan."tukasnya

Diketahui, selain menunjuk Sudharto sebagai koordinator panelis debat kedua, KPU juga menunjuk Direktur Eksekutif Walhi Nur Hidayati menjadi sekretaris panelis. Kemudian lima panelis lainnya adalah Rektor Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Prof. Joni Hermana, Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) Arif Satria.

Lalu ada IAhli pertambangan Institut Teknologi Bandung Irwandy, pakar energi Universitas Gadjah Mada (UGM) Ahmad Agustiawan, dan Sekretaris Jenderal Konsorsium Pengembangan Agraria (KPA), Dewi Kartika. (OL-8)

Baca Juga

Dok MI

Waspadai Jaringan Terorisme, Masyarakat Diminta Bijak Salurkan Sumbangan

👤Siti Yona Hukmana 🕔Kamis 26 Mei 2022, 15:40 WIB
Pasalnya, sumbangan untuk organisasi tak dikenal kerap disalahgunakan untuk jaringan...
ANTARA

Pemilu 2024, KPU Sebut Jumlah Pemilih Mencapai 190 Juta Jiwa

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Kamis 26 Mei 2022, 15:31 WIB
Ketua KPU RI Hasyim Asyari mengemuakan pihaknya telah melaksanakan Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (PDPB) di 34...
MI/ HO

Realisasi Jaring Pengaman Sosial Jokowi Dinilai Bantu Tekan Kemiskinan

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Mei 2022, 14:15 WIB
Penyaluran JPS yang tepat sasaran menjadikan program tersebut berjalan dengan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya