Rabu 04 Agustus 2021, 14:25 WIB

Atasi Kehabisan Daya Mendadak, Baterai Motor Terkoneksi dengan Aplikasi

mediaindonesia.com | Otomotif
Atasi Kehabisan Daya Mendadak, Baterai Motor Terkoneksi dengan Aplikasi

Ist
Inovasi ini disebut motor listrik "pintar" karena mulai dari motor, baterai, dan tempat penukaran baterai terkonsi dengan aplikasi.

 

KENDARAAN listrik yang ramah lingkungan menjadi kendaraan masa depan. Penggunaan kendaraan baik mobil maupun sepeda motor yang menggunakan tenaga baterai akan mengurangi polusi udara dan emisi yang berbahaya buat kesehatan.

Kendaraan bermotor mengandung berbagai macam gas yang dapat menimbulkan gangguan kesehatan, antara lain karbon monoksida (CO), nitogen oksida (NOx), hidrokarbon (HC), sulfur oksida (SOx), partikel, dan timbal.

Salah satu sepeda motor listrik buatan lokal adalah Smoot yang diproduksi PT Smoot Motor Indonesia. Smoot yang buatan dalam negeri  menggunakan teknologi tukar baterai milik PT Swap Energi Indonesia (Swap Energy).

Dengan teknologi ini, pengguna dapat menghemat waktu yang dibutuhkan untuk mengisi baterai, yang tentunya menjadi solusi praktis dari motor listrik lain yang ada di pasaran.

Sebagaimana diketahui bahwa perekonomian Indonesia sangat bergantung pada penggunaan sepeda motor untuk menunjang mobilitas kehidupan sehari-hari.

Berdasarkan data BPS (20219), dengan lebih dari 112 juta motor yang digunakan (BPS, 2019), Indonesia menjadi pasar sepeda motor terbesar ke-3 di dunia. Hal ini secara langsung berkontribusi pada tingginya tingkat polusi udara yang mempengaruhi kesehatan masyarakat.

Walaupun motor listrik diharapkan dapat segera diadopsi secara luas di Indonesia, masih banyak pengguna sepeda motor yang ragu menggunakan motor listrik.

Banyak yang menganggap motor listrik kurang praktis digunakan sebagai alat transportasi sehari-hari karena penggunanya harus mengisi ulang baterai setiap 4-6 jam.

Bagi para individu yang aktif dengan tingkat mobilitas tinggi, inovasi 9 detik tukar-baterai dari Swap Energy ini merupakan solusi yang tepat.

"Dengan beralih ke Smoot motor yang ramah lingkungan dan terintegrasi dengan Swap Battery System, para pengendara tidak perlu khawatir kehabisan baterai saat harus bepergian jauh dengan motor listrik,” ujar Pendiri dan CEO PT Smoot Motor Indonesia, Irwan Tjahaja, pada keterangan pers, Rabu (4/8).

“Mereka dapat menghemat biaya transportasi sehari-hari sekaligus memberikan kontribusi positif yaitu pengurangan polusi udara," kata Irwan.

Inovasi ini disebut motor listrik "pintar" karena mulai dari motor, baterai, dan tempat penukaran baterai atau Swappoin yang semuanya terkoneksi di dalam sebuah aplikasi Swap yang terintegrasi.

Para pengguna, menurut Irwan, dapat selalu memantau status baterai terakhir dan juga titik lokasi Smoot motor. Demi kenyamanan dan keamanan pengguna, Smoot juga dilengkapi  dengan sistem anti-pencurian yang dapat diakses melalui aplikasi ketika kendaraan hilang atau dicuri.

Dengan Swap Battery System dan app, pengguna juga mendapatkan akses ke ratusan lokasi penukaran baterai (Swappoin) di berbagai lokasi strategis di Jakarta. Mereka dapat dengan mudah memesan dan mengganti baterai kosong mereka dengan yang baru, hanya dalam waktu 9 detik.

“Dengan tingkat konektivitas yang tinggi, lokasi pertukaran baterai yang mudah ditemukan, dan berbagai kenyamanan yang ditawarkan, Smoot semakin memperkuat posisinya sebagai motor listrik yang canggih dan unggul.

PT Swap Energi Indonesia telah melakukan penelitian yang mendalam untuk pengembangan teknologi baterai dan motor listrik sejak tahun 2019.

Perusahaan ini juga telah menerima pendanaan awal dari Kejora-SBI Orbit Fund, sebuah kerjasama pendanaan modal ventura antara Kejora Capital (Asia Tenggara) dan SBI Holdings (Jepang).

Bersama-sama, mereka berkomitmen untuk menciptakan sepeda motor listrik yang efektif namun praktis digunakan sehari-hari oleh masyarakat Indonesia.

Saat ini, motor listrik pintar Smoot tersedia di situs e-commerce blibli.com atau melalui situs resminya www.smoot.id. (RO/OL-09)

 

Baca Juga

DOK DAIHATSU

Sigra, Mobil yang Paling Mengerti Kebutuhan Keluarga Indonesia

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Desember 2021, 13:31 WIB
Sigra didesain demi memenuhi kebutuhan keluarga sesuai dengan tagline-nya, 'Sahabat Impian...
DOK DAIHATSU

Jaga Kesehatan dan Kebersihan Udara Kabin Mobil dengan Daihatsu Cabin Air Filter - Antibacterial

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Desember 2021, 12:59 WIB
Komponen ini tetap memiliki harga terjangkau, mulai dari Rp100.000-Rp125.000 tergantung dari model mobil Daihatsu yang...
DOK DAIHATSU

Bagikan Ceritamu Bersama Daihatsu

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Desember 2021, 12:49 WIB
Cerita para pemenang utama juga akan dibuatkan story berbentuk video yang akan ditayangkan pada Youtube Daihatsu...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya