Kamis 01 Juli 2021, 20:04 WIB

Museum Mercedes-Benz Ungkap Evolusi Radio Mobil

mediaindonesia.com | Otomotif
Museum Mercedes-Benz Ungkap Evolusi Radio Mobil

Mercedes-Benz AG
Berawal dari sistem penerima radio sederhana hingga MBUX yang canggih dan lengkap.mercee

 

MERCEDES-BENZ mencoba mengungkapkan latar belakang sejarah radio mobil melalui Museum Mercedes-Benz Inside edisi 32/2021, dari 160 kendaraan dan total 1.500 pertunjukan yang ditampilkan.

Membahas perjalanan sejarah mobil Mercedes-Benz, kita tidak bisa lepas dari evolusi radio mobil yang berkembang terus, berevolusi secara dinamis menjadi sebuah infotainment system yang saat ini dikenal sebagai Mercedes-Benz User Experience (MBUX).

Kendaraan bermotor telah hadir selama 135 tahun dan radio mobil telah tersedia sejak sekitar 100 tahun lalu. Menurut Mercedes-Benz, radio mobil pertama muncul pada awal 1920-an di Amerika Serikat sebagai barang unik yang dibuat khusus oleh para pecinta teknologi dan berkembang hingga Eropa. Sebuah artikel yang terbit pada 13 Agustus 1922 di surat kabar 'Berliner Illustrierte Zeitung' melaporkan tentang 'nirkabel sebagai hobi – mode terbaru di Amerika'. 

Gairah penerimaan radio pun muncul dan tumbuh dengan cepat: majalah spesialis Jerman 'Funkschau' menulis pada 1 Juni 1931: "Tanpa diragukan lagi: mobil dan radio adalah pasangan yang sempurna. Kecepatan di mana kendaraan memungkinkan perubahan lokasi dilengkapi dengan kebebasan spasial radio".

Akhirnya radio mobil produksi massal pertama di Eropa dibuat oleh Bosch yang diberi nama Autosuper 5 (AS5) dan dipamerkan di Berlin Radio Show 1932 oleh anak perusahaan Bosch, Ideal-Werke (yang juga memperkenalkan nama merek Blaupunkt di tahun itu). Perangkat ini memiliki bobot 15 kilogram dengan harga mencapai 465 Marks. Harga yang begitu mahal dianggap wajar saat itu mengingat radio mobil merupakan konsumsi orang kaya, dan merupakan peralatan opsional yang sangat eksklusif di sebagian besar mobil mewah.

Pada saat itu radio mobil memiliki ukuran yang besar. Oleh karena itu hanya perangkat kontrol yang dipasang ke panel instrumen sementara komponen penerima dan amplifier dipasang di lokasi yang berbeda, seperti di bagasi. Namun radio Autosuper 5 sudah relatif kompak, sehingga memungkinkan untuk menginstalasi di bawah panel instrumen.

Hanya beberapa tahun kemudian, radio mobil dengan mudah diintegrasikan ke dalam kendaraan dan konsep pengoperasiannya. Misalnya, menggunakan tombol penyetel radio secara langsung tepat di sebelah instrumen dalam area penglihatan pengemudi, seperti yang dilakukan Mercedes-Benz pada model 770 'Grand Mercedes'.

Setelah Perang Dunia II, radio mobil menjadi jauh lebih ringkas dan memungkinkan untuk mengintegrasikan sepenuh dalam panel instrumen, seperti pada Mercedes-Benz 170 S (W136) dengan Becker AS 49 yang diperkenalkan pada 1949.

Pada 1950-an menandai kemajuan teknologi bru pada radio mobil dengan hadirnya sistem pengiriman suara melalui sistem Frequency Modulation (FM) yang menawarkan reproduksi sinyal suara lebih baik, termasuk hadirnya tombol stasiun radio dan fungsi pemindaian stasiun. Teknologi transistor, slot kaset dan suara stereo diikuti pada tahun 1960-an.

Tahun 1970-an memperkenalkan Autofahrer-Rundfunk-Informationssystem (ARI: sistem informasi siaran pengemudi mobil), sebuah sistem yang secara otomatis mengidentifikasi laporan lalu lintas yang disiarkan sebagai bagian dari program.

Sejak saat itu, unit radio di dalam kendaraan telah ditingkatkan oleh seluruh sistem media digital dan teknologi informasi. Mulai integrasi pemutar CD pada 1980-an hingga kombinasi dengan navigasi satelit pada 1990-an.

Penemuan lain menjadi populer, misalnya CD changer di laci depan atau di bagasi. Akan tetapi segera digantikan oleh perkembangan teknologi media digital seperti konektivitas Bluetooth dan USB.

Pengenalan tampilan COMAND dan sistem operasi merupakan tonggak sejarah jaringan sistem di kendaraan Mercedes-Benz yang merayakan premier dunianya pada 1998 dalam model 220 seri S-Class. Saat ini, radio mobil di Mercedes-Benz merupakan bagian dari sistem infotainment MBUX (Mercedes-Benz User Experience) yang adaptif, lengkap dan dapat disesuaikan. (S-4)

Baca Juga

SUBARU INDONESIA

Plaza Subaru Batam Resmi Beroperasi

👤RO 🕔Senin 08 Agustus 2022, 22:55 WIB
Batam merupakan kota industri yang sangat strategis dengan pertumbuhan yang sangat...
VIL

Kaca Film dan Produk PPF V-Kool kembali Hadir di GIIAS 2022

👤RO 🕔Senin 08 Agustus 2022, 22:26 WIB
Pengunjung juga dapat mengikuti beragam aktivitas di booth V-Kool seperti berfoto bareng pembalap, Youtuber sekaligus influencer otomotif,...
AHM

AHM Rilis Motor Retro Klasik Honda ST125 Dax

👤RO 🕔Senin 08 Agustus 2022, 20:47 WIB
Model yang diperkenalkan pertama kali secara global pada 1969 ini hadir untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup dan hobi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya