Selasa 17 Januari 2023, 04:30 WIB

Aldila Sutjiadi Tampil di Australia Terbuka Sebagai Unggulan

Basuki Eka Purnama | Olahraga
Aldila Sutjiadi Tampil di Australia Terbuka Sebagai Unggulan

AFP/DAVID ROWLAND
Petenis Indonesia Aldila Sutjiadi (kanan) dan pasangannya, Miyu Kato kala menjadi juara di Auckland, Selandia Baru.

 

PETENIS putri Indonesia Aldila Sutjiadi, untuk pertama kalinya, menempati posisi unggulan dalam turnamen major, Australia Terbuka 2023.

Langkah Aldila masuk dalam jajaran unggulan, yakni ke-16, merupakan suatu kemajuan mengingat Aldila, tahun lalu, mengikuti Australia Terbuka berbekal wildcard.

Saat itu, debut Aldila di Australia Terbuka bersama petenis Thailand Peangtarn Plipuech terhenti di putaran pertama turnamen Grand Slam tersebut.

Baca juga: Aldila Raih Gelar WTA 250 di Selandia Baru

Di Australia Terbuka kali ini, Aldila berduet dengan petenis Jepang Miyu Kato, pasangan gandanya saat bermain di Roland Garros, Wimbledon, dan Amerika Serikat (AS) Terbuka 2022.

Di putaran pertama Australia Terbuka 2023, Aldila/Kato dijadwalkan bertemu pasangan ganda petenis AS Kaitlyn Christian dan petenis Montenegro Danka Kovinic, Rabu (18/1).

Sebelum tampil di Australia Terbuka 2023, Aldila telah menjalani beberapa turnamen pemanasan, yakni Hobart International pada pekan lalu. Aldila/Kato terhenti di babak perempat final.

Pada pekan sebelumnya, Aldila/Kato meraih hasil positif dengan memenangi nomor ganda putri turnamen WTA 250 bertajuk ASB Classic di Auckland, Selandia Baru, yang menjadi gelar pertama Aldila pada musim 2023.

Kemenangan tersebut merupakan koleksi piala kedua Aldila di event WTA 250 setelah memenangi Copa Colsanitas di Bogota, Kolombia bersama petenis Australia Astra Sharma pada April 2022.

Selama 2022, Aldila juga telah mengantongi dua gelar juara WTA 125 di Colina, Cile, dan Tampico, Meksiko.

Gelar juara di Auckland dan penampilannya di Hobart membawa petenis berusia 27 tahun itu tercatat berada di peringkat 36 dunia ganda WTA, merupakan peringkat karier tertingginya saat ini.

Pada 2022, Aldila telah mengikuti empat turnamen Grand Slam untuk nomor ganda. Terhenti di putaran pertama Australian Open, Aldila melangkah hingga putaran kedua di Rolland Garros. 

Selanjutnya, di Wimbledon, dia terhenti di putaran pertama. Namun, Aldila memiliki catatan lebih baik di AS Terbuka dengan melangkah hingga putaran kedua. (Ant/OL-1)

Baca Juga

MI/Ramdani.

Leo/Daniel Berpeluang Back to Back Juara

👤Akmal Fauzi 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 20:47 WIB
Ganda putra, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang melaju ke final Thailand Masters...
MI/Ramdani

Thailand Masters 2023, Leo/Daniel Lolos Ke Final

👤Widhoroso 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 19:22 WIB
Ganda putra Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin lolos ke final Thailand Masters 2023 usai meraih kemenangan di babak semifinal, Sabtu...
Antara

Tim Rifle Putra Indonesia Terus Kejar Poin Menuju Olimpiade Paris

👤Akmal Fauzi 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 19:03 WIB
Tim Rifle putra Indonesia berhasil meraih medali emas dari nomor 50m Rifle Tiga Posisi Beregu dalam dalam Kejuaraan Menembak ISSF World Cup...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya