Jumat 13 Januari 2023, 20:50 WIB

Jokowi Dorong PB PASI Fokus Pembinaan Atlet Sejak Dini

Dhika Kusuma Winata | Olahraga
Jokowi Dorong PB PASI Fokus Pembinaan Atlet Sejak Dini

Antara
Ilustrasi

 

PENGURUS Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) diminta terus menggenjot pembinaan atlet dari sedini mungkin untuk menciptakan bibit-bibit muda. Harapan itu disampaikan Presiden Joko Widodo sesuai menyaksikan kejuaraan atletik pelajar bertajuk Student Athletics Championships (SAC) Indonesia di Stadion Madya GBK, Jakarta, Jumat (13/1) sore.

"Saya sangat senang sekali yang dilakukan PASI. Ini pembinaan dari bawah, sekolah-sekolah, madrasah-madrasah, yang kompetisinya ada di daerah-daerah. Dari situ lah nanti penjaringan bibit-bibit itu akan kelihatan," kata Presiden Jokowi.

Presiden menekankan pentingnya kejuaraan nasional di level usia pelajar seperti SAC sebagai hal krusial untuk melahirkan bakat-bakat yang potensial menjadi atlet andalan di masa mendatang.

Presiden pun mendorong tak hanya di atletik melainkan semua cabang olahraga juga menggenjot pembinaan bibit muda.

"Saya kira mestinya tidak hanya di PASI saja. Bisa dilakukan di seluruh cabang olahraga dimulai dari tingkat yang paling bawah. Entah itu kampung, kecamatan, desa, semuanya," ujar Presiden.

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi yang juga Ketua Umum PB PASI Luhut Pandjaitan sepakat pembinaan untuk melahirkan atlet berprestasi tak bisa instan dan harus dari bawah. Ia mengatakan setelah ini kejuaraan pelajar akan makin diperbesar skalanya.

"Tidak mungkin kita ujug-ujug langsung dapat prestasi tapi sekarang 31 ribu peserta dari sembilan kota, mungkin bisa dapat 20-an orang yang bagus. Kita akan buat lebih besar lagi," ucap Luhut.

SAC Indonesia dalam satu tahun terakhir menjaring atlet pelajar dari sembilan regional yakni Bali serta Nusa Tenggara, Papua, Yogyakarta, Kalimantan, Jawa Timur, Sumatra Utara, DKI Jakarta dan Banten, Jawa Barat, dan Jawa Tengah.

Ajang itu pertama kali digelar PASI berkolaborasi dengan DBL Indonesia. CEO DBL Indonesia Azrul Ananda menyebut hasil penyelenggaraan bakal dievaluasi untuk rencana penambahan lokasi kota-kota.

Di nomor tolak peluru putri, siswi SMAN 3 Tegal, Salsyabila Aprilianti, keluar sebagai juara dan memecahkan rekor dengan tolakan sejauh 10,54 meter. Dia mematahkan rekor sebelumnya atas namanya sendiri sejauh 10,2 meter. Di nomor tolak peluru putra, Bayanillah dari SMAN 7 Cirebon berhasil juara usai mencatatkan tolakan sejauh 14,66 meter.

Di nomor lompat jauh putra, siswa SMKN 2 Medan, Firli Sahputra, menjadi pemenang mencatatkan jarak sejauh 6,64 meter. Di sektor putri, Winney Maharati Ruung dari SMAN 1 Tanjung juara setelah membukukan lompatan sejauh 4,93 meter. (OL-8)

Baca Juga

dok.Proliga

Jakarta BIN Tekuk Juara Bertahan Bandung BJB Tandamata 3-0

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 09:59 WIB
TIM voli putri Jakarta BIN sukses menumbangkan Bandung BJB Tandamata tiga set langsung di laga pekan pertama putaran kedua Proliga 2023...
Antara

Tim Senam Putra Harus Kerja Keras Demi Tampil di SEA Games Kamboja

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Jumat 03 Februari 2023, 23:31 WIB
Ketatnya persyaratan dari tim review untuk SEA Games Kamboja, memaksa mereka harus lebih dulu menunjukkan keterampilan di Piala Dunia Senam...
DOK IST

Sirkuit Tenis Meja Sediakan Hadiah dengan Total Rp2,5 Miliar 

👤Budi Ernanto 🕔Jumat 03 Februari 2023, 22:04 WIB
Event tenis meja tidak boleh...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya