Rabu 09 November 2022, 13:00 WIB

Ruud Lebih Siap Tatap ATP Finals 2022

Rifaldi Putra Irianto | Olahraga
Ruud Lebih Siap Tatap ATP Finals 2022

AFP/Christophe ARCHAMBAULT
Petenis Norwegia Casper Ruud.

 

PETENIS putra Norwegia Casper Ruud akan mengarungi perjalanan di ATP Finals keduanya secara berturut-turut pada tahun ini. Ruud telah dipastikan lolos kualifikasi setelah menduduki peringkat empat dunia.

Tahun lalu, Ruud mencatatkan capaian yang cukup impresif di kompetisi penutup musim yang hanya diikuti delapan petenis putra terbaik dunia itu. Tampil sebagai unggulan kedelapan, dia berhasil mencapai semifinal sebelum dikalahkan petenis Rusia Daniil Medvedev.

Ruud kini akan kembali ke ATP Finals sebagai pemain yang jauh lebih berpengalaman setelah mengalami tahun yang luar biasa di ATP Tour. 

Baca juga: Cedera, Alcaraz akan Absen di ATP Finals dan Piala Davis

Petenis berusia 23 tahun itu tercatat telah mengangkat 3 trofi juara sepanjang musim ini yakni pada turnamen Swiss Terbuka, Jenawa Terbuka, dan Argentina Terbuka.

Selain mengklaim 3 trofi juara, sepanjang tahun ini, petenis Norwegia itu juga tercatat sukses mencapai dua kali final turnamen Grand Slam. 

Ruud berhasil mencapai final Prancis Terbuka dan Amerika Serikat (AS) Terbuka, sayangnya di partai puncak Ruud dipaksa menyerah oleh dua petenis Spanyol yakni Rafael Nadal (Prancis Terbuka) dan Carlos Alcaraz (AS Terbuka).

Memiliki pencapaian yang cukup baik pada tahun ini ditambah pengalamannya di ATP Finals musim lalu, Ruud pun berharap dapat meraih hasil maksimal pada gelaran ATP Finals tahun ini.

"Saya pikir, tahun lalu (2021) membuat saya lebih percaya bahwa saya bisa bersaing di level tertinggi dan di turnamen tertinggi. Saya percaya bisa melakukannya dengan lebih baik tahun ini, dengan hasil yang saya miliki dan posisi yang saya miliki di tahun ini. Jadi saya berharap mendapat hasil maksimal tahun ini," ucap Ruud dikutip dari ATP, Rabu (9/11).

Meski Ruud terlihat memiliki perjalanan yang gemilang pada tahun ini, petenis Norwegia itu mengaku tidak mudah untuknya dapat bertahan sebagai petenis 10 besar dunia. Dia berjuang keras untuk dapat bertahan dan lolos kualifikasi WTA Finals 2022.

"Saya tahu dari poin pertama atau turnamen pertama tahun ini bahwa ini akan menjadi tahun yang sangat penting bagi karier saya, dan menembus 10 Besar mungkin adalah satu hal, tetapi untuk tetap di sana dan mempertahankan hasil. dari tahun yang hebat adalah hal lain," kata Ruud.

"Saya tahu itu akan sangat sulit untuk mempertahankan peringkat, tetapi saya berjuang untuk memberikan yang terbaik tentu saja, dan kemudian saya mendapatkan beberapa hasil yang bagus di turnamen besar," tuturnya.

Mundurnya petenis nomor satu dunia Carlos Alcaraz dari WTA Finals 2022, membuat Ruud bakal tampil sebagai unggulan ketiga. 

Adapun di turnamen penutup musim itu Ruud bakal bersaing melawan Rafael Nadal, Stefanos Tsitsipas (Yunani), Daniil Medvedev (Rusia), Felix Auger-Aliassime (Kanada), Andrey Rublev (Rusia), Novak Djokovic (Serbia), dan Taylor Fritz (Amerika Serikat). (OL-1)

Baca Juga

AFP/CLIVE MASON / GETTY IMAGES NORTH AMERICA

Brawn Pensiun dari Formula 1

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 29 November 2022, 05:35 WIB
Brawn dikontrak Formula 1 pada Januari 2017 saat Liberty Media mengambil alih kendali balapan jet darat...
DOK/CAF

CAF dan Gravity Enduro Gelar Kompetisi Internasional Enduro Indonesia Series 2023

👤Naviandri 🕔Senin 28 November 2022, 21:05 WIB
CAF bersama Gravity Indonesia memiliki kesamaan visi mengembangkan olahraga luar ruangan, terutama...
Dok. SSI

Disambut Antusiasme Tinggi, Turnamen Livin by mandiri 3x3 Tahun Depan akan Ada Tur Luar Negeri

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 28 November 2022, 17:42 WIB
Sebanyak 32 tim terbaik dari masing-masing provinsi bertanding di bakal The...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya