Senin 31 Oktober 2022, 08:09 WIB

Menpora Amali Sampaikan Peran Penting Desain Besar Olahraga Nasional

mediaindonesia.com | Olahraga
 

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menyampaikan tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) di depan ratusan mahasiswa Universitas Semarang (USM) yang berprestasi dibidang olahraga.

Hal itu disampaikan Menpora Amali usai melepas peserta lomba lari 10k Marathon Universitas Semarang (USM), Semarang, Jawa Tengah.

"USM luar biasa mengombinasikan antara akademik tetapi juga pembangunan secara fisik dan kebugaran mahasiswanya dan sebagainya. Luar biasa USM memperhatikan cabang-cabang olahraga. Terima kasih atas kesempatan yang diberikan," tutur Menpora Amali di Gelora USM, Prof. Sudarto, SH, Jl. Ir. Soekarno-Hatta, Semarang, Jawa Tengah, Minggu (30/10).

Pemerintah saat ini mempunyai Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) yang dipayungi Perpres No. 86/2021 dan UU Keolahragaan No. 11 tahun 2022.  Hal ini merupakan kesempatan bagi mahasiswa reguler yang diatur UU.

"Bahkan saat ini pemerintah mengembangkan sentra-sentra olahraga provinsi. Di Semarang ini dipusatkan di Unnes," jelas Menpora Amali menambahkan.

"Kenapa ini langsung dilekatkan dengan perguruan tinggi, karena pertimbangannya di kampus itu SDM-nya ada, dan masyarakat umum bisa menggunakan itu. Dalam DBON sudah diatur semua, karena mimpi besar kita yaitu 100 tahun Indonesia Merdeka, tepatnya di tahun 2045 kita bisa berada di peringkat 5 besar dunia baik di olimpiade dan paralimpiade," urai Menpora Amali.

Pusat dari paralimpiade ini lanjutnya, di pusatkan di Karanganyar, Jawa Tengah. Karena, didukung penuh oleh Universitas Negeri Sebelah Maret (UNS). 

"Prestasi atlet paragames kita di Asian Para Games yang lalu berhasil menjadi juara umum dengan perolehan 175 emas, 144 perak dan 106 perunggu dengan total raihan 425 medali," tambah Menpora Amali.

"Terima kasih pak Rektor yang telah memulai memberikan kesempatan kepada para mahasiswa untuk berprestasi di bidang non akademik atau dibidang olahraga. Semoga kedepan ada atlet USM yang berkontribusi dalam pembangunan atlet nasional demi prestasi level dunia," pungkas Menpora Amali. (RO/OL-09)

Baca Juga

AFP

Timnas RI Diharapkan Raih Lebih dari Satu Gelar di BWF World Tour Finals

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Jumat 02 Desember 2022, 21:48 WIB
Skuad Merah Putih tercatat bakal menurunkan 7 wakil di World Tour Finals edisi 2022, dengan kejuaraan akan berlangsung di Thailand pada...
AFP/Valery HACHE

Ada Olimpiade, Tour de France 2024 tidak Finis di Paris

👤Basuki Eka Purnama 🕔Jumat 02 Desember 2022, 15:15 WIB
Tour 2024 juga akan diakhiri kemungkinan dengan individual time-trial yang menentukan alih-alih sprint finis seperti biasanya sebanyak...
AFP/Patrick McDermott/Getty Images

Pulih Dari Cedera, Middleton Dilaporkan Segera Melantai Bersama Bucks

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Jumat 02 Desember 2022, 13:45 WIB
Middleton sudah tidak bermain sejak mengalami cedera lutut kanan pada pertandingan playoff saat Bucks menghadapi Chicago Bulls, Oktober...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya