Rabu 28 September 2022, 19:31 WIB

Timnas Basket Putri Persiapan SEA Games 2023 di Liga ASEAN

Dhika Kusuma Winata | Olahraga
Timnas Basket Putri Persiapan SEA Games 2023 di Liga ASEAN

DOK.PERBASI
Timnas basket putri Indonesia 2021 kurang mendapat pengalaman pertandingan jika dibandingkan dengan sektor putra.

 

KOMPETISI basket putri antarnegara ASEAN untuk pertama kali akan digelar tahun ini. Indonesia bersama Thailand dan Malaysia akan menjadi tuan rumah sekaligus pesertanya.

Liga untuk putri itu disetujui FIBA untuk digelar merespons permintaan atas minimnya kompetisi dan pamor jika dibandingkan dengan sektor putra.

Liga Basket Putri ASEAN akan mulai bergulir pada Oktober sejauh ini dengan tiga negara peserta. Selain Indonesia, Thailand, dan Malaysia. Adapun satu negara lagi yakni Singapura masih menunggu kepastian.

Sekjen PP Perbasi Nirmawal Dewi menyebut Liga ASEAN ini menjadi bagian untuk menambah jam terbang basket putri Indonesia. Perbasi akan mengirimkan tim nasional putri sebagai bagian persiapan ke SEA Games tahun depan.

"Untuk Oktober ini, yang diturunkan timnas putri. Kompetisi ini akan menjadi ajang uji coba bagi mereka menatap SEA Games 2023 Kamboja. Untuk pelaksanaan berikutnya, yang akan ikut di ajang ini klub," ujar Nirmala.


Baca juga: Nash Pastikan Sudah tidak Ada Masalah dengan Durant


Seri pertama akan dilangsungkan di Korat, Thailand, pada 10-12 Oktober diikuti seri kedua di Kuala Lumpur, Malaysia, pada 20-22 Oktober. Adapun playoff atau final akan berlangsung di Surabaya, Jawa Timur, pada 25-30 Oktober.

Menurut Nirmala, Surabaya dipilih menjadi tuan rumah lantaran sejumlah pertimbangan salah satunya animo yang besar. Surabaya juga sudah lama tidak menggelar ajang basket internasional. Selama ini, Surabaya juga sudah menjadi lokasi timnas putri berlatih.

Inisiator penyelenggara Christopher Tanuwidjaja menyebutkan gelaran pertama kali ini akan menjadi perkenalan. Diharapkan ke depannya makin banyak lagi yang berpartisipasi.

"Kami ingin ajang ini berlangsung dengan baik ke depannya. Karena itu, untuk pelaksanaan Oktober ini lebih dulu akan menjadi ajang perkenalan kompetisi basket putri di Asia Tenggara," tuturnya. (OL-16)

Baca Juga

ANTARA/HO

Ahsan/Hendra Lolos ke Semifinal BWF World Tour Finals 2022

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Kamis 08 Desember 2022, 22:28 WIB
Sebelumnya, The Daddies berhasil merebut gelar juara pada 2019, serta 2015 dan 2013 saat kejuaraan masih bernama BWF Super Series...
ANTARA/HO

Fajar/Rian Ingin Sempurnakan Kemenangan pada Penyisihan Grup

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Kamis 08 Desember 2022, 21:22 WIB
Tampil sebagai unggulan pertama di BWF World Tour Finals 2022, Fajar/Rian tercatat telah meraih dua...
AFP

Raih Kemenangan Kedua, Ginting Kian Dekat ke Semifinal BWF World Tour Finals

👤Rifaldi Putra irianto 🕔Kamis 08 Desember 2022, 18:07 WIB
TUNGGAL putra bulu tangkis Indonesia Anthony Sinisuka Ginting memperkuat pijakannya untuk melangkah ke babak semifinal BWF World Tour...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya