Kamis 21 Juli 2022, 06:23 WIB

Pogacar Menangi Etape 17 Tour de France, Vingegaard Tetap Kuasai Jersey Kuning

Basuki Eka Purnama | Olahraga
Pogacar Menangi Etape 17 Tour de France, Vingegaard Tetap Kuasai Jersey Kuning

AFP/Marco BERTORELLO
Pembalap Slovenia Tadej Pogacar melakukan selebrasi usai memenangi etape ke-17 Tour de France.

 

TADEJ Pogacar menjadi kampiun di etape ke-17 Tour de France tetapi Jonas Vingegaard, yang selangkah lagi menjuarai balapan sepeda bergengsi dunia itu, finis di belakang sang juara bertahan untuk mempertahankan jersey kuning yang menjadi lambang pemimpin klasemen keseluruhan.

Akselerasi Pogacar di puncak pendakian terakhir sepanjang 8 km dengan ketinggian 7,8% membuatnya meraih sukses di etape ketiga Tour de France tahun ini, yang memberinya bonus waktu 10 detik.

Namun, Vingegaard memperoleh bonus waktu enam detik untuk finis urutan kedua sehingga dia masih memimpin di atas pembalap Slovenia itu dalam selisih waktu dua menit 18 detik.

Baca juga: Pogacar Belum Menyerah di Sisa Etape Tour de France

Bekal ini membuat Vingegaard nyaman dalam memasuki etape pegunungan terakhir, Kamis (21/7), yang menempuh trek Pyrenean yang melelahkan sampai Hautacam.

Geraint Thomas, yang merupakan juara edisi 2018, finis di urutan keempat di belakang rekan setim Pogacar di tim Emirates, Brandon McNulty. Finis ini menguatkan cengkeraman Thomas di posisi ketiga klasemen keseluruhan.

Thomas, yang melewati garis finis dalam selisih waktu 2 menit 7 detik di belakang Pogacar, tertinggal 4 menit 56 detik dari Vingegaard dalam klasemen keseluruhan.

Etape Kamis merupakan kesempatan lain bagi Pogacar untuk menyalip Vingegaard, tetapi runner-up tahun lalu itu tampaknya tidak tergoyahkan melalui tiga pendakian kategori-satu yang membumbui bagian kedua perjalanan sejauh 129,7 km dari Saint Gaudens.

Hanya pada meter-meter terakhir Pogacar sedikit unggul di tanjakan di 13 persen untuk menjuarai etape 17 ini. Kini, dia menghadapi tugas yang tampaknya tidak bisa dia atasi untuk membalikkan situasi karena balapan tinggal etape Kamis dan time trial terakhir, Sabtu (23/7) nanti.

"Saya berjuang sampai finis. Tentu saya kehilangan empat detik tetapi saya tetap senang," kata Vingegaard.

"Kami tidak pernah tahu kapan Tadej menggebrak, sering kali dia menggebrak pada saat yang tak Anda duga. Anda hanya perlu waspada dan hari ini saya begitu," lanjutnya.

Pogacar, yang kehilangan dua rekan setimnya yang lain setelah Marc Soler finis di luar batas waktu, Selasa (20/7) dan Rafal Majka ditarik keluar karena cedera pagi hari, menunjukkan bahwa dia tidak akan menyerah begitu saja. (Ant/OL-1)

Baca Juga

Antara

Satria Muda Kunci Tiket Semifinal IBL 2022

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 19:26 WIB
Dalam pertandingan yang berlangsung di GOR C’Tra Arena, Satria Muda unggul 2-0 dari Amartha Hangtuah, sehingga tak harus...
Antara

RANS PIK Imbangi Pelita Jaya dalam Play-Off IBL 2022

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 16:35 WIB
Tepatnya, setelah RANS PIK Basketball  memetik kemenangan dari Pelita Jaya Bakrie dengan 65-58 pada gim kedua di GOR C’Tra...
MI/Deny Susanto

Tiga Atlet dan Pelatih Sepeda Kalsel Dipanggil Timnas

👤Deny Susanto 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 15:37 WIB
Tiga atlet dan seorang pelatih balap sepeda asal Kalimantan Selatan yang berprestasi pada ajang Indonesia National Championship (INC) 2022,...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya