Rabu 13 Juli 2022, 22:35 WIB

Pelatih Menilai Gregoria Tampil Pede dan Cerdik

Rifaldo Putra Irianto | Olahraga
Pelatih Menilai Gregoria Tampil Pede dan Cerdik

AFP/Mohd RASFAN
Pemain tunggal putri bulu tangkis Indonesia Gregoria Mariska Tunjung berhasil melangkah ke babak kedua Singapura Terbuka 2022.

 

TUNGGAL putri bulu tangkis Indonesia Gregoria Mariska Tunjung membuka perjalanan di Singapura Terbuka 20222 dengan manis. Jorji --sapaan akrab Gregoria-- berhasil merebut kemenangan di babak pertama atas wakil Amerika Serikat Lauren Lam, Rabu (13/7).

Pada pertandingan yang berlangsung di Singapore Indoor Stadium, Kallang, Singapura, Gregoria tampil penuh keyakinan. Semangat juang dan rasa percaya dirinya begitu menonjol. Terbukti, hanya dalam waktu relatif singkat, 27 menit, dia menang dengan skor 21-16 dan 21-13 atas Lauren.

"Secara keseluruhan, penampilan saya hari ini oke. Saya makin percaya diri. Meski begitu, tetap harus ada yang perlu ditingkatkan karena tadi juga masih banyak melakukan kesalahan sendiri," kata Gregoria dalam keterangan resmi PBSI yang diterima di Jakarta, Rabu.

"Kondisi saya juga lebih nyaman hari ini. Saya bisa lebih yakin dan bisa bermain lepas," sambungnya.

Sementara menurut Kabid Binpres PP PBSI yang sekaligus pelatih tunggal putri Rionny Mainaky, ada progres positif yang terus ditunjukkan Gregoria. Dari hasil di Malaysia Masters lalu, sang juara Kejuaraan Dunia Junior 2017 itu menunjukkan grafik yang makin membaik.

Tak hanya dari sisi ketrampilan, penampilan, teknik, dan cara main yang menunjukkan perkembangan positif, dalam hal non-teknis Jorji juga terliaht menunjukkan kemajuan yang baik. Mulai dari kepercayaan diri, keyakinan, hingga semangat juang, semuanya menunjukkan peningkatan.


Baca juga: Fajar/Rian dan Ahsan/Hendra ke 16 Besar Singapura Terbuka


"Tadi yang saya lihat saat bertanding, faktor-faktor nonteknis yang selama ini kerap menghambat penampilan Gregoria di lapangan, sudah mulai hilang. Ini tentu hal yang positif," komentar Rionny.

Menurut Rionny, dalam pertandingan melawan Lauren Lam, adaptasi Gregoria dengan kondisi angin, juga makin oke. Anak didiknya itu bisa cepat beradaptasi. Dampaknya, strategi yang diterapkan bisa berhasil.

"Memang masih ada juga kesalahan, buangan bolanya salah atau pukulannya tanggung. Tetapi dari secara keseluruhan sudah baik. Dalam strategi permainan dan adaptasi dalam menguasai angin, Gregoria sangat baik hari ini. Dia juga sangat cerdik dalam mengatur pola permainan," papar Rionny.

Harapannya, dengan didukung kondisi yang lebih baik ini, Gregoria bisa tampil konsisten untuk mengatasi Zhang Yi Man asal Tiongkok di babak kedua ajang BWF World Tour Super 500 ini.

"Untuk besok lawan Zhang, saya mencoba bermain lebih lepas dulu. Saya ingin menampilkan yang terbaik. Saya ingin main seenak mungkin saja dahulu," ujar Gregoria.

Sayangnya, kemenangan Gregoria itu tidak diikuti rekannya, Putri Kusuma Wardani. Putri KW, sapaan karib pemain tunggal putri ini, dikalahkan wakil Tiongkok Han Yue dalam pertarungan dua set langsung 14-21 dan 16-21.

"Saya kurang tenang dalam pertandingan tadi. Selain itu, ada beberapa poin hilang karena saya salah dalam penggunaan teknik memukulnya. Meski begitu, saya bisa mendapatkan pengalaman  dari pemain agar saya lebih konsisten saja," kata Putri KW. (OL-16)

Baca Juga

ANTARA

Tiba di Jepang, Tim Bulu Tangkis Indonesia Fokus Pemulihan Kondisi

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 22:33 WIB
Tim pun bergegas melakukan tes PCR sebagai syarat yang diajukan panitia...
AFP

So Yeon Ryu Unggul di Putaran Pertama Simone Asia Pacific

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 20:23 WIB
Juara tiga kali tur LPGA itu berhasil menguasai klasemen di hari pertama Simone Asia Pacific Cup, setelah membukukan 65 pukulan atau tujuh...
ANTARA

Logo Piala Dunia U-20 Resmi Dirilis, Indonesia Matangkan Persiapan

👤Akmal Fauzi 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 20:13 WIB
Zainudin berharap Indonesia terus mempersiapkan diri untuk menjadi tuan rumah yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya