Senin 04 Juli 2022, 05:23 WIB

Kalahkan Ostapenko, Maria ke Perempat Final Wimbledon

Basuki Eka Purnama | Olahraga
Kalahkan Ostapenko, Maria ke Perempat Final Wimbledon

AFP/SEBASTIEN BOZON
Petenis Jerman Tatjana Maria

 

PETENIS Jerman Tatjana Maria bangkit setelah kalah di set pertama untuk menjungkalkan Jelena Ostapenko demi mencapai perempat final Wimbledon dengan kemenangan 5-7, 7-5, dan 7-5 atas juara Prancis Terbuka itu di putaran keempat di London, Minggu (3/7).

Itu jadi kemenangan terbesar Maria, yang belum sampai setahun kembali berkompetisi setelah proses persalinan. Ibu dua anak tersebut bakal berupaya memelihara mimpinya saat bertemu rekan senegaranya Jule Niemeier di babak perempat final Wimbledon.

Petenis, yang pada Maret lalu masih berada di luar peringkat 250 besar dunia itu, mengakui betapa manisnya kemenangan kali ini, terlebih bila mempertimbangkan masa jedanya dari kompetisi profesional.

Baca juga: Jabeur Melaju ke Perempat Final Wimbledon

"Ini sungguh membuat saya bangga jadi seorang ibu, dan itu adalah perasaan terbaik di dunia," katanya dalam wawancara tepi lapangan pascalaga.

"Saya menyayangi kedua anak saya... bisa melakukan ini bersama-sama... Rasanya begitu istimewa," lanjut Maria.

Maria mampu mengawali pertarungan dengan baik sementara Ostapenko, yang mencapai semifinal Wimbledon hanya setahun setelah gelar Grand Slam pertamanya lewat Roland Garros 2017, banyak membuang servis sehingga tertinggal 1-3.

Namun, petenis asal Latvia itu bisa menemukan ketenangannya untuk menyamakan kedudukan dan berbalik memimpin 6-5 sebelum mengantungi set pertama setelah memaksa Maria melakukan kesalahan sendiri di poin-poin krusial.

Maria, yang merupakan petenis tertua di antara pesaing di nomor tunggal putri di usia 34 tahun, kemudian melanjutkan penampilan mengesankan yang ia sajikan saat menyisihkan unggulan kelima Maria Sakkari di babak sebelumnya. Ia bangkit dari ketertinggalan 1-4 di set berikutnya untuk memaksakan penentuan.

Sukses menyelamatkan dua match poin di set kedua pada kedudukan 4-5, Maria, yang dihujani derasnya gelombang dukungan, memanfaatkan kesalahan Ostapenko untuk berbalik memimpin 6-5 pada set ketiga sebelum menutup pertandingan dengan pukulan servis.

Maria menyebut derasnya dukungan di lapangan satu All England Lawn Tennis & Croquet Club telah menyuntik kepercayaan dirinya hingga akhir pertarungan.

"Ya Tuhan, tidak akan ada kata-kata yang bisa mewakili betapa luar biasanya para penonton. Bahkan saat saya tertinggal 4-5 di set ketiga, mereka tetap berada di belakang saya. Kepada diri sendiri, saya berkata, 'Baiklah mereka percaya pada saya, saya juga harus percaya pada saya'," tutup Maria. (Ant/OL-1)

Baca Juga

Matthew Stockman/Getty Images/AFP

Rafael Nadal Absen Bela Tim Piala Davis Spanyol

👤Mediaindonesia 🕔Senin 15 Agustus 2022, 21:09 WIB
Nadal, yang berusia 36 tahun, memenangi Australian Open dan French Open awal tahun ini untuk mencetak rekor kemenangan tunggal putra Grand...
Antara

Sektor Ganda Putra Tumpuan Indonesia di Kejuaraan Dunia 2022

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Senin 15 Agustus 2022, 17:31 WIB
Dengan perkembangan positif yang terus diukir sektor ganda putra, PP PBSI kembali menargetkan ganda putra untuk merebut gelar juara dalam...
DOK> PBESI

Piala Presiden Esports 2022 Diharapkan Munculkan Atlet yang Mampu Harumkan Indonesia

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 15 Agustus 2022, 14:26 WIB
Ketua Harian PBESI Komjen (Pol) Bambang Sunarwibowo mengumumkan, babak Grand Final Piala Presiden Esports 2022 pada November mendatang akan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya