Selasa 05 April 2022, 20:46 WIB

Pencak Silat Incar 4 Medali Emas di SEA Games Vietnam 

Rifaldi Putra Irianto | Olahraga
Pencak Silat Incar 4 Medali Emas di SEA Games Vietnam 

Antara/Wahyu Putro A
Atlet pencak silat berlatih di Pelatnas

 

PENGURUS Besar Ikatan Pencak Silat Indonesia (PB IPSI) menargetkan 4 medali emas di ajang SEA Games Vietnam, yang dijadwalkan bergulir pada Mei mendatang. 

Menurunkan 21 atlet di 16 nomor pertandingan, Sekretaris Jenderal PB IPSI Teddy Suratmadji mengatakan target tersebut cukup realistis, pihaknya pun optimistis dapat mencapai target tersebut. 

"Kami menargetkam 4 medali emas, insyaAllah dari 16 kelas pertandingan yang akan kita ikuti itu cukup realistis lah. Mudah-mudahan bisa melampaui," kata Teddy saat ditemui di Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Selasa (5/4). 

Untuk dapat mencapai target tersebut, persiapan demi persiapan sudah dilakukan PB IPSI dari jauh-jauh hari, bahkan mereka telah melakukan uji tanding ke sejumlah padepokan di beberapa provinsi di Indonesia, untuk mengasah kemampun para atlet Timnas Pencak Silat. 

Pada SEA Games tahun ini, nama-nama atlet seperti Hanifan Yudani Kusumah yang merupakan peraih medali emas Asian Games 2018 dan juga perak SEA Games 2019, di proyeksikan untuk dapat merebut medali emas. 

Baca juga : Sebelum SEA Games, Timnas Basket Pemanasan di ABL

Sementara untuk pesilat putri, Puspa Arumsari juga diproyeksikan dapat mempertahankan medali emas di Hanoi mendatang, setelah kesuksesannya menyabet medali emas di SEA Games Filipina 2019 lalu. 

Berbicara terkait peta kekuatan di kawasan Asia Tenggara, Teddy menyebutkan tuan rumah Vietnam menjadi salah satu tim yang harus diwaspadai. Selain itu dia juga menyebutkan negara lain yang mulai unjuk gigi seperti Thailand dan Singapura. 

"Iya Vietnam pesaing terkuat, tapi Thailand dan Singapura juga kuat dan gak boleh diremehkan. Tapi insyaAllah kita bisa lebih kuat," terangnya. 

Seperti diketahui sebelumnya, dalam kejuaraan SEA Games 2019 silam Tim Pencak Silat Indonesia berhasil keluar sebagai juara umum, dengan menyabet 2 emas, 3 perak, dan 2 perunggu.  

Sebenarnya, perolehan emas tim Indonesia saat itu sama seperti Singapura, Malaysia, dan Vietnam. Namun, Indonesia unggul dalam perolehan medali perak yang sekaligus membuat mereka menjadi juara umum di SEA Games 2019 lalu. (OL-7)

Baca Juga

ANTARA

Tiba di Jepang, Tim Bulu Tangkis Indonesia Fokus Pemulihan Kondisi

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 22:33 WIB
Tim pun bergegas melakukan tes PCR sebagai syarat yang diajukan panitia...
AFP

So Yeon Ryu Unggul di Putaran Pertama Simone Asia Pacific

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 20:23 WIB
Juara tiga kali tur LPGA itu berhasil menguasai klasemen di hari pertama Simone Asia Pacific Cup, setelah membukukan 65 pukulan atau tujuh...
ANTARA

Logo Piala Dunia U-20 Resmi Dirilis, Indonesia Matangkan Persiapan

👤Akmal Fauzi 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 20:13 WIB
Zainudin berharap Indonesia terus mempersiapkan diri untuk menjadi tuan rumah yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya