Kamis 14 Oktober 2021, 15:36 WIB

Menpora Klaim PON Papua Sukses Penyelenggaraan dan Prestasi

Rifaldi Putra Irianto | Olahraga
Menpora Klaim PON Papua Sukses Penyelenggaraan dan Prestasi

ANTARA FOTO/Biro Pers dan Media Setpres/Agus Suparto/Handout
Upacara Pembukaan PON Papua di Stadion Lukas Enembe, Kompleks Olahraga Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua.

 

TERHITUNG sejak pertandingan pertama Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua yang digelar pada 22 September 2021 lalu hingga hari ke-22 penyelenggaraan pada Rabu (13/10), setidaknya 56 rekor baru berhasil tercipta. Padahal, kompetisi olahraga nasional ini digelar di tengah kondisi pandemi covid-19.

Melihat prestasi luar biasa yang ditorehkan para atlet, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengaku bangga karena rekor-rekor tersebut bisa dicatatkan walaupun para atlet dari seluruh Indonesia tak berlatih maksimal karena masih dalam masa pandemi Covid-19.

"Di tengah hingar bingar keraguan pelaksanaan PON XX Papua terlaksana, kita akhirnya mampu menjawabnya dengan pelaksaaan PON yang berjalan aman dan lancar. Bahkan PON XX Papua berhasil mencatat 56 rekor baru, baik dari rekor PON bahkan sampai rekor dunia tercipta," kata Menpora Zainudin Amali dalam diskusi virtual bersama media, Kamis (14/10).

Baca juga: Atlet Berprestasi Asal Kabupaten Jayapura Dapat Bonus Rumah

"Ini menjdikan prestasi tersendiri terlebih pelaksaan PON kali ini berbarengan di masa pandemi," imbuhnya.

Dari 56 rekor baru yang terukir, rekor-rekor tersebut berhasul diperoleh dari sejumlah cabang olahraga seperti akuatik, atletik, hingga angkat besi yang di antaranya klasifikasi rekor PON dan rekor Nasional.

Di cabang olahraga atletik sebanyak 11 rekor berhasil dicatat, antara lain seperti yang ditorehkan atlet lempar lembing asal Jawa Tengah, Atina Nur Kamil yang sukses mengawinkan rekor PON dan nasional dengan jauh lemparan 51,26 meter.

Pelari 400 meter putri asal Sumatera Selatan, Sri Mayasari juga membuat rekor PON sekaligus rekor Nasional yang tidak pernah bergeser selama 37 tahun. Sri finis tercepat dengan catatan waktu 53,32 detik, lebih cepat dari pelari Emma Tahapary dengan waktu 54,20 detik.

Pada kolam akuatik, 22 rekor telah dibukukan dari disiplin renang. Farrel Armandio Tangkas, perenang yang membela Papua, sukses membuat rekor PON di nomor spesialisnya 200 meter gaya punggung putra. Sementara perenang putra DKI Jakarta Gagarin Nathaniel membuat 2 rekor di nomor 200 meter dan 100 meter gaya dada putra.

Sementara itu, atlet putra Sulawesi Selatan yang meraih medali perunggu Olimpiade Tokyo 2020, Rahmat Erwin Abdullah juga membuat rekor di kelas 81 kg dengan total angkatan seberat 340 kg, snatch (150 kg) dan C&J (190 kg).

Rekor angkat besi lainnya juga berhasil ditaoh lifter Jawa Barat, Carrel Julius yang memecahkan rekor di kelas 109 kg dengan angkatan 333 kg, snatch (148 kg) dan C&J (185 kg).

"Ini luar biasa semangat dari para atlet di tengah situasi pandemi tetapi masih bisa melakukan pemecahan rekor," tukas Zainudin. (OL-4)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/

Minions Takluk dari Pasangan Muda Bagas/Fikri di Denmark Open

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Kamis 21 Oktober 2021, 17:34 WIB
Bertarung dalam durasi 48 menit, Bagas/Fikri sukses meraih kemenangan atas The Minions -julukan Marcu/Kevin- setelah melakukan pertandingan...
Ist

AIMAG Resmi Ditunda, Indonesia Hadapi Empat Multievent pada 2022

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Kamis 21 Oktober 2021, 16:08 WIB
Surat tersebut berisi penundaan AIMAG edisi ke-6 yang semula diagendakan 10-20 Maret 2022 serta penetapan jadwal...
AFP

Phoenix Suns Harus Akui Keunggulan Denver Nuggets

👤Ilham Ananditya 🕔Kamis 21 Oktober 2021, 15:53 WIB
Kedua tim kembali bertemu  sejak Suns menundukkan Nuggets dalam empat pertandingan di putaran kedua babak playoff Wilayah Barat...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Menolakkan Ancaman Kemiskinan Ekstrem

Pemerintah perlu memastikan seluruh program penanggulangan kemiskinan ekstrem diterima rumah tangga miskin ekstrem yang ada di wilayah prioritas.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya